SHARE
Software

Google Chrome mendapatkan fitur keamanan dan kinerja baru. Versi terbaru dari web browser ini (M12) meningkatkan Safety Check dan Memory Saver sambil menambahkan kemampuan untuk menyimpan kelompok tab.

Safety Check adalah pusat keamanan Chrome yang memeriksa pembaruan dan kata sandi yang kompromi, serta menampilkan apakah Safe Browsing telah diaktifkan. Dengan versi terbaru dari browser, Safety Check menjadi lebih proaktif, berjalan otomatis di latar belakang. “Anda akan mendapatkan peringatan secara proaktif jika kata sandi yang disimpan di Chrome telah dikompromikan, salah satu ekstensi Anda berpotensi berbahaya, Anda tidak menggunakan versi terbaru Chrome, atau izin situs memerlukan perhatian Anda,” tulis Sabine Borsay, Chrome Group Product Manager, dalam sebuah postingan pengumuman. Fitur ini akan memberikan peringatan di bagian atas menu tiga titik Chrome.

Safety Check sekarang juga dapat mencabut izin situs untuk mengakses hal seperti lokasi, mikrofon, atau kamera jika Anda tidak mengunjungi situs tersebut dalam waktu yang lama. Selain itu, fitur ini menyoroti ketika situs yang jarang Anda interaksi mengganggu Anda dengan pemberitahuan, dan menyarankan untuk mematikannya.

Mode Memory Saver, yang diperkenalkan pada tahun 2022 dan diimplementasikan untuk semua orang awal tahun ini, membebaskan memori dari tab yang tidak Anda gunakan. Saat Anda mengarahkan kursor di atas salah satu tab saat berada dalam mode Memory Saver, alat ini menampilkan lebih banyak detail tentang penggunaan tab aktif. Ini termasuk seberapa banyak memori yang dapat Anda hemat dengan membuatnya tidak aktif.

Google mengatakan sekarang lebih mudah untuk menentukan situs yang ingin Anda pertahankan selalu aktif dalam mode Memory Saver. Setelah menginstal pembaruan, Anda dapat melihat opsi baru ini di bagian Kinerja pengaturan Chrome.

Terakhir, Chrome akan segera memungkinkan Anda menyimpan kelompok tab. Misalnya, Anda memiliki proyek dengan 25 tab terbuka, tetapi Anda perlu menjauh atau bekerja pada sesuatu yang lain. Kelompok tab yang disimpan memungkinkan Anda memberi nama yang sesuai, menutupnya, dan melanjutkannya nanti dari tempat terakhir Anda tinggalkan.

Google mengatakan pembaruan keamanan dan kinerja Chrome akan diluncurkan minggu ini. Namun, penyimpanan kelompok tab akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Cyber Life
Adobe Luncurkan Web App Content Authenticity, Kreator Dapat Menambahkan Label AI pada Konten

Adobe telah memperkenalkan Content Authenticity, sebuah aplikasi web gratis yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan kredensial...

Software
Meta Uji Coba Fitur Baru untuk Posting Instagram Reels Langsung di Threads

Threads, yang diluncurkan setahun lalu sebagai pesaing langsung Meta terhadap platform micro-blogging Elon Musk, X,...

Games
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Handphone
Realme GT 7 Series Dilaporkan Bakal Usung Baterai Jumbo

Pabrikan asal China, Realme diketahui tengah mempersiapkan smartphone terbarunya di China, Realme GT Series. Smartphone...

Electronic & Acc
Fujifilm Perkenalkan X-M5, Mirrorless Pengganti Smartphone

Fujifilm baru saja resmi memperkenalkan kamera APS-C terbarunya, X-M5. Sebagai penerus dari X-T30 II yang...

Hardware
Minisforum Luncurkan EliteMini AI370: Revolusi Mini PC dengan Kinerja AI

Minisforum baru saja resmi merilis EliteMini AI370, mini PC yang menjanjikan kinerja luar biasa dalam...

Software
Snapchat Umumkan Uji Coba Iklan Bersponsor di Chats dan Promoted Places di Snap Map

Dalam sebuah blog, Snapchat merinci iklan-iklan baru yang akan hadir di aplikasinya. Iklan ini akan...

Cyber Life
Google Dikabarkan Kembangkan Fitur Edit Gambar Langsung untuk Gemini

Google dikabarkan sedang meningkatkan kemampuan generasi gambar pada chatbot Gemini. Menurut laporan terbaru, raksasa teknologi...

Software
Akhirnya Pengguna Apple, Kini Bisa Ganti Email Utama ID Apple dengan Mudah

Para pengguna Apple kini dapat bernafas lega. Penantian panjang mereka akhirnya terjawab. Update terbaru iOS...