SHARE
Laptop

Spesialis laptop dan PC berbasis Linux, TUXEDO Computers baru saja mengumumkan laptop gaming terbarunya, Sirus 16. Laptop gaming tersebut menjadi laptop gaming pertama dari perusahaan asal Jerman tersebut yang dibekali dengan konfigurasi chip dari AMD yang mengkombinasikan APU Ryzen 7 7840HS “Phoenix” dengan GPU Radeon RX 7600M XT RDNA3. 

AMD Ryzen 7 7840HS merupakan processor 7 nm yang memiliki 8 core dan 16 thread, dengan base clock 3,8 GHz dan boost clock 5,1 GHz. Processor tersebut juga memiliki grafis terintegrasi Radeon 780M dengan 12 core. Sirius 16 memungkinkan APU dapat beroperasi pada TDP penuhnya 54 W atau turbo di 80 W turbo.

Untuk urusan grafis Sirus 16 dibekali dengan GPU Radeon RX 7600M XT yang memiliki 32 compute unit, 32 ray tracing accelerator core dengan base clock 1,4 GHz dan boost clock di 2,2 GHz, GPU tersebut juga membawa memori GDDR6 berkapasitas 8GB. Sirius 16 juga mampu menjalankan GPU tersebut dengan TGP penuh di 120W yang akan memberikan pengalaman gaming yang lancar dan halus pada settingan tertinggi.

Sirius 16 dibekali dengan layar berukuran 16.1 inci dengan resolusi 2560 x 1440 piksel dengan refresh rate 165Hz. Layarnya juga memiliki bezel yang tipis dan memiliki color gamut sRGB 100%. Laptop tersebut juga memiliki keyboard ukuran penuh dengan backlit RGB yang dapat dikostumisasi pertombol.

Sirius 16 juga dilengkapi dengan sistem pendigin dual-fan yang memiliki lubang angin di kedua sisi dan belakang chassis laptop serta dilengkapi dengan air intake besar pada panel bagian bawah. Laptop tersebut juga dibekali dengan baterai berkapasitas 80Wh yang diklaim dapat bertahan hingga 10 jam pada penggunaan ringan atau 6 jam pada penggunaan sedang.

Sirius 16 memiliki banyak opsi untuk peningkatan penyimpanan dan memori serta konektivitas. Laptop gaming tersebut memiliki dua slot M.2 yang mendukung SSD NVMe PCIe 4.0, dan dua slot DDR5 SODIMM yang mendukung hingga 96 GB RAM. 

Sirius 16 juga dibekali dengan port yang melimpah mulai port USB 4.0 Gen3x2 Type-C 40 Gbps yang mendukung Thunderbolt 4, DisplayPort 1.4, dan Power Delivery, port USB 3.2 Gen 2 Type-C 40 Gbps yang mendukung DisplayPort 1.4, dua port USB 3.2 Type-A 10 Gbps, port HDMI 2.1 berukuran penuh yang mendukung hingga resolusi 8K pada 60 Hz, jack Ethernet Gigabit RJ-45, dan jack headphone dan mikrofon terpisah. Laptop gaming tersebut juga memiliki modul Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2 untuk konektivitas nirkabel.

Sirius 16 berjalan dengan sistem operasi TUXEDO_OS 21.10 yang merupakan versi kustom dari Ubuntu 21.10 yang memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan driver yang dioptimalisai. Laptop gaming tersebut juga mendukung distribusi Linux lain seperti Manjaro, Fedora, OpenSUSE, dan Debian. Sirius 16 juga memiliki TUXEDO Control Center yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kinerja, kecepatan kipas, dan pencahayaan RGB laptop. Sirius 16 tersedia untuk pre-order sekarang dengan harga mulai dari 1700 EUR, yang mencakup 16 GB RAM DDR5-5600 dan SSD Samsung 980 500 GB. Laptop gaming tersebut diekspektasikan akan mulai dikirimkan pada pertengahan Desember 2023.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Electronic & Acc
Strava Mempermudah Pengaturan Privasi Data Aktivitas Anda

Aplikasi pelacak olahraga Strava memiliki riwayat digunakan untuk mengintai orang, seperti mengidentifikasi tempat tinggal mereka...

Electronic & Acc
Anker Luncurkan Power Bank Nirkabel Zolo Magnetik: Inovasi Terbaru

Anker, pemimpin dalam aksesori smartphone, baru-baru ini meluncurkan power bank nirkabel magnetik Zolo yang inovatif. ...

Handphone
HMD Global Akhirnya Hentikan Penjualan Smartphone Bermerek Nokia di Eropa

HMD Global, perusahaan Finlandia di balik perangkat seluler dengan nama Nokia, telah memulai transformasi besar-besaran...

Software
Google Lens Perkenalkan Fitur Pencarian Video Revolusioner

Google baru sajaa memperkenalkan fitur pencarian video baru untuk Google Lens, sebuah fitur yang pertama...

Cyber Life
Reddit Luncurkan Fitur Penerjemahan AI di 35 Negara

Meskipun internet menghubungkan dunia, hambatan bahasa seringkali membatasi seberapa banyak situs yang bisa dieksplorasi. Reddit...

Games
Palworld Tiba-Tiba Hadir di PS5

Desas-desus telah lama beredar bahwa Pocketpair berencana membawa Palworld, salah satu game terbesar tahun ini,...

Handphone
Vivo V40 Lite 5G dan V40 Lite 4G Diluncurkan di Indonesia, Hadir dengan Kamera Depan 32 Megapiksel dan Pengisian Cepat 80W

Vivo telah resmi meluncurkan Vivo V40 Lite 5G dan Vivo V40 Lite 4G di Indonesia....

Software
Microsoft Gabungkan Aplikasi Xbox dan Game Pass di iOS dan Android, Hadirkan Fitur Baru di PC dan Konsol

Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menggabungkan fitur dari aplikasi Xbox Game Pass ke dalam aplikasi...

Electronic & Acc
Kacamata Ray-Ban Meta Dapatkan Dukungan Kueri Video Real-Time dan Fitur AI Lainnya

Meta Platforms mengumumkan sejumlah pembaruan penting untuk Kacamata Ray-Ban Meta pada acara Connect yang digelar...