SHARE
Software

Pada event Google I/O 2024, Google meluncurkan fitur inovatif untuk Google Photos, “Ask Photos,”. Fitur tersebut memanfaatkan kecerdasan buatan Gemini Google untuk mengubah cara pengguna berinteraksi dengan koleksi foto mereka yang luas.

“Ask Photos” merupakan fitur pencarian berbasis AI yang terintegrasi ke dalam Google Photos, fitur tersebut dirancang untuk membuat pencarian melalui koleksi foto dan video pengguna lebih mudah dan lebih intuitif. Tidak seperti pencarian berbasis kata kunci tradisional, “Ask Photos” memungkinkan pengguna untuk mengkuesionari foto mereka menggunakan bahasa alami. Misalnya, pengguna dapat bertanya, “Tunjukkan foto terbaik dari setiap taman nasional yang pernah saya kunjungi,” dan fitur ini akan menggunakan data GPS dan AI untuk menentukan gambar terbaik.

Inti dari “Ask Photos” terletak pada kemampuannya untuk memahami bahasa sehari-hari dan konteks. Ketika pengguna mengajukan pertanyaan, model AI Gemini menjalankan strategi pencarian yang canggih yang mempertimbangkan kata kunci dan konsep. Kemampuan multimodal ini memungkinkan AI untuk memahami konten setiap foto, membaca teks dalam gambar jika diperlukan, dan memberikan respons yang bermanfaat dengan gambar dan video yang relevan.

Misalnya, apabila pengguna bertanya, “Apa nomor plat mobil saya?” fitur tersebut akan memindai foto dan mengambil nomor dari foto mobil pengguna. Fungsionalitas ini sangat berguna untuk mengingat detail yang mungkin hilang dalam luasnya koleksi foto dan video.

“Ask Photos” tidak hanya sebatas pengambilan gambar sederhana. Fitur tersebut juga dapat membantu dalam menghasilkan konten baru, seperti highlight reels atau menyarankan keterangan yang cocok untuk postingan media sosial. Fitur ini mendorong pengguna untuk mendokumentasikan momen yang lebih biasa yang memberikan informasi kontekstual tambahan yang dapat digunakan untuk membuat konten yang dipersonalisasi dan menarik.

Meskipun begitu pada event tersebut, raksasa mesin pencari tersebut tidak memberikan informasi mengenai jadwal rilis dari fitur tersebut. Namun laporan terbaru dari Android Authority mengungkapkan bahwa fitur tersebut diperkirakan akan rilis dalam waktu dekat.

Berdasarkan temuan Android Authority yang menemukan empat baris kode pada versi beta terbaru dari aplikasi Google untuk Android (versi 15.33.36.29) yang menyebut bahwa ekstensi Ask Photos untuk Gemini. Temuran tersebut membuktikan bahwa Google akan segera merilis fitur Ask Photos dalam Google Photos dalam waktu dekat.

 

LAINNYA DARI MASTEKNO
Hardware
BIOSTAR Perkenalkan Radeon RX 580 White GPU Putih Dengan Performa 1080p yang Halus

Produsen hardware terkemuka, BIOSTAR telah meluncurkan kartu grafis BIOSTAR Radeon RX 580 White yang baru. ...

Uncategorized
Kreator Flappy Bird Bantah Keterlibatannya Pada Rilis Ulang Game

Kreator original dari Flappy Bird, Dong Nguyen baru saja mengkonfirmasikan bahwa ia tidak terlibat dalam...

Software
Perdana Menteri Australia Mmeperkenalkan Undang-undang Baru, Melarang Anak-anak Menggunakan Media Sosial

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, berencana untuk memperkenalkan undang-undang yang melarang anak-anak di bawah usia...

Games
Game Pass Standard Kini Tersedia di Xbox

Paket langganan Xbox Game Pass Standard kini resmi tersedia. Microsoft mengumumkan perubahan pada rencana langganan...

Software
Bluesky Kini Izinkan Pengguna Unggah Video, Tapi Ada Syaratnya

Mudah terlupakan bahwa ada alternatif jejaring sosial lain selain Threads bagi mereka yang lelah dengan...

Handphone
Tecno Resmi Rilis Phantom V Fold2, Smartphone Lipat Terjangkau di Pasaran

Pabrikan asal China, Tecno baru saja resmi merilis smartphone lipat terbarunya, Phantom V Fold2. Smartphone...

Cyber Life
Hasil Pencarian Google Kini Menampilkan Arsip Halaman Web via Wayback Machine

Hasil pencarian Google sekarang akan menyertakan konteks historis dari tautan, memberikan informasi tentang halaman web...

Software
Google Luncurkan Gemini Live, Mode Obrolan Suara Gratis untuk Semua Pengguna Android

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mode obrolan suara inovatifnya, Gemini Live, kini tersedia secara gratis...

Games
What the Car? Hadir di Steam, dan Masih Menjadi Salah Satu Game Terbaik Tahun Ini

What the Car? adalah perayaan kreativitas murni dalam dunia game, bebas dari belenggu logika naratif....