SHARE
Laptop

Jelang perilisan resminya, detail mengenai GPU RTX 50 Laptop mulai terungkap, kali ini informasi terbaru datang dari salah satu insider industri yang mengklaim bahwa GeForce RTX 5080 akan memulai debutnya di CES 2025 yang akan disusul oleh RTX 5090 dan model lainnya selama bulan-bulan berikutnya.

Informasi terbaru dari Golden Pig Upgrade yang merupakan pembocor ternama di Weibo, telah memberikan informasi detail mengenai varian mobile GeForce RTX 5060. Khususnya, semua model laptop RTX 50 yang diklaim akan membawa VRAM GDDR7, hal tersebut sejalan dengan bocoran sebelumnya yang mengisyaratkan bahwa memori baru ini menjanjikan bandwidth yang lebih tinggi dan kinerja yang lebih baik yang penting untuk tugas gaming dan AI modern.

TDP (Thermal Design Power) RTX 5060 laptop juga dikabarkan akan dibatasi di 115 Watt, penurunan dari 140 Watt yang terlihat pada generasi sebelumnya. Perubahan tersebut dapat membantu merampingkan penawaran GPU laptop Nvidia, karena TDP sering kali mempengaruhi kinerja lebih dari nomor model itu sendiri. Namun, masih harus dilihat apakah angka TDP tersebut akan konsisten di semua varian RTX 5060.

Meskipun begitu RTX 5060 laptop dilaporkan akan hanya membawa memori berkapasitas 8GB. Menariknya RTX 5070 laptop malah diklaim akan memiliki VRAM sebesar 12GB yang lebih besar.

Seri RTX 50, dengan nama kode “Blackwell,” diantisipasi untuk membawa peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan pendahulunya dengan memanfaatkan arsitektur baru yang dirancang untuk efisiensi dan daya. Seri ini diharapkan menggunakan proses fabrikasi 3nm, yang memungkinkan lebih banyak transistor dan kinerja keseluruhan yang lebih baik. Selain itu, RTX 5090 dikabarkan hingga 1,7 kali lebih cepat daripada RTX 4090 saat ini, dengan peningkatan dalam jumlah inti dan kecepatan clock yang dapat mendefinisikan kembali pengalaman gaming.

Dalam hal konektivitas, seri RTX 50 diharapkan mendukung standar terbaru, termasuk DisplayPort 2.1 dan PCIe 5.0, memastikan kompatibilitas dengan layar beresolusi tinggi dan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Fokus pada konektivitas ini akan sangat penting karena para gamer dan profesional semakin mencari cara untuk memaksimalkan kemampuan hardware mereka.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Hardware
BIOSTAR Perkenalkan Radeon RX 580 White GPU Putih Dengan Performa 1080p yang Halus

Produsen hardware terkemuka, BIOSTAR telah meluncurkan kartu grafis BIOSTAR Radeon RX 580 White yang baru. ...

Uncategorized
Kreator Flappy Bird Bantah Keterlibatannya Pada Rilis Ulang Game

Kreator original dari Flappy Bird, Dong Nguyen baru saja mengkonfirmasikan bahwa ia tidak terlibat dalam...

Software
Perdana Menteri Australia Mmeperkenalkan Undang-undang Baru, Melarang Anak-anak Menggunakan Media Sosial

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, berencana untuk memperkenalkan undang-undang yang melarang anak-anak di bawah usia...

Games
Game Pass Standard Kini Tersedia di Xbox

Paket langganan Xbox Game Pass Standard kini resmi tersedia. Microsoft mengumumkan perubahan pada rencana langganan...

Software
Bluesky Kini Izinkan Pengguna Unggah Video, Tapi Ada Syaratnya

Mudah terlupakan bahwa ada alternatif jejaring sosial lain selain Threads bagi mereka yang lelah dengan...

Handphone
Tecno Resmi Rilis Phantom V Fold2, Smartphone Lipat Terjangkau di Pasaran

Pabrikan asal China, Tecno baru saja resmi merilis smartphone lipat terbarunya, Phantom V Fold2. Smartphone...

Cyber Life
Hasil Pencarian Google Kini Menampilkan Arsip Halaman Web via Wayback Machine

Hasil pencarian Google sekarang akan menyertakan konteks historis dari tautan, memberikan informasi tentang halaman web...

Software
Google Luncurkan Gemini Live, Mode Obrolan Suara Gratis untuk Semua Pengguna Android

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mode obrolan suara inovatifnya, Gemini Live, kini tersedia secara gratis...

Games
What the Car? Hadir di Steam, dan Masih Menjadi Salah Satu Game Terbaik Tahun Ini

What the Car? adalah perayaan kreativitas murni dalam dunia game, bebas dari belenggu logika naratif....