SHARE
Laptop

Lenovo telah memperkenalkan laptop terbarunya yang berfokus pada produktivitas, yaitu ThinkPad dan IdeaPad, menjelang CES. Sistem ini dilengkapi dengan chip terbaru dari Intel, yaitu Intel Core Ultra, yang mencakup tiga mesin komputasi, unit pemprosesan pusat (CPU), unit pemrosesan grafis (GPU), dan unit pemrosesan neural (NPU). Ini dirancang untuk bekerja bersama demi efisiensi yang lebih besar. Lenovo mencatat bahwa beberapa tugas komputasi dapat dialihkan ke GPU atau NPU untuk kinerja dan pengelolaan daya yang lebih baik. Karena berjalan di Windows 11, ketiga laptop ini akan mendukung fitur Copilot AI.

IdeaPad Pro 5i adalah laptop Intel Evo Edition konsumen pertama yang menggunakan chipset Intel Core Ultra. Lenovo mengklaim hal ini akan memberdayakan fitur AI yang lebih cepat, seperti pembuatan gambar dan teks, serta pengeditan foto. Juga disebutkan adanya peningkatan kinerja untuk tugas-tugas yang biasanya menuntut seperti pengeditan video dan ekspor, bersama dengan multitasking.

Anda dapat melengkapi IdeaPad Pro 5i dengan NVIDIA GeForce RTX 4050 Laptop GPU hingga 32GB RAM LPDDR5X, dan SSD hingga 1TB. Slot SSD yang dapat diperluas dan pembaca kartu SD dapat membantu menambah penyimpanan. Laptop ini tersedia dalam format 14 inci dan 16 inci dengan beberapa opsi tampilan, termasuk panel OLED 16:10 dengan gamut warna DCI-P3 100 persen dan tingkat penyegaran 120Hz. Kamera IR Full HD dilengkapi dengan sensor time-of-flight dan penutup privasi bersama dengan dukungan Windows Hello.

Tidak peduli ukuran laptop yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan baterai polimer 84WHr dengan dukungan pengisian cepat melalui Thunderbolt 4. Ada port HDMI 2.1, dua slot USB 3.2 Gen 1 Type A, dan jack audio 3,5mm. Juga mendukung Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2. Model 14 inci memiliki berat 3,22 lbs dan varian yang lebih besar adalah 4,3 lbs.

Lenovo IdeaPad Pro 5i sudah tersedia sekarang. Harganya dimulai dari $1,150.

Anda perlu menunggu sedikit lebih lama untuk Lenovo ThinkPad X1 Carbon Gen 12. Beberapa konfigurasi akan tersedia lebih awal bulan ini (dimulai dari $2,989) dan pilihan lengkap akan menyusul pada bulan Maret. ThinkPad X1 2-in-1 Gen 9 juga akan tersedia pada bulan Maret. Laptop ini diperkirakan akan dimulai dari $2,639.

Lenovo telah mengintegrasikan fitur berfokus pada aksesibilitas utama ke dalam ThinkPad baru ini dalam bentuk petunjuk taktil tambahan pada keyboard untuk membantu orang dengan gangguan penglihatan. Perusahaan mengatakan bahwa mereka bekerja dengan Tim Aksesibilitas Microsoft untuk membantu mengembangkan standar desain keyboard baru di industri. Misalnya, tombol F2 dan F3 memiliki markah taktil, begitu juga dengan tombol Insert untuk membantu orang membedakannya dari tombol Delete. Sementara itu, ThinkPad X1 2-in-1 memiliki pena magnetik yang lebih besar, yang dikatakan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi mereka yang lebih suka menggunakan stylus.

Model ThinkPad X1 termasuk fitur Low Light Enhancer yang dapat dijelaskan sendiri untuk webcam. Lenovo mengatakan bahwa alat ini berjalan pada NPU untuk efisiensi sistem yang lebih besar ketika Anda menggunakan perangkat lunak konferensi video seperti Zoom. 

ThinkPad X1 Carbon Gen 12 dapat dikonfigurasi dengan RAM LPDDR5X hingga 64GB dan penyimpanan SSD hingga 2TB. Tidak ada pilihan GPU dedikasi karena laptop ini akan mendukung grafis Intel Arc. Layar 14 inci dapat memiliki resolusi hingga 2,8K dengan tingkat penyegaran 120Hz pada panel OLED.

Untuk port, Anda akan mendapatkan dua USB-C Thunderbolt 4, dua USB-C, HDMI 2.1, dan jack audio 3,5mm. ThinkPad X1 Carbon Gen 12 dapat dilengkapi dengan Wi-Fi 6E atau 7 dan dukungan Bluetooth 5.3. Ada beberapa opsi webcam juga, hingga kamera Computer Vision MIPI 8MP dengan penutup privasi. Berat laptop ini dimulai dari 2,42 lbs.

ThinkPad X1 Yoga Gen 9 memiliki spesifikasi yang mirip meskipun tentu saja merupakan laptop 2-in-1. Perbedaan utama lainnya adalah beratnya dimulai dari 2,92 lbs.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Software
Steam Deck Dapatkan Perekam Game Bawaan

Sementara ada banyak aplikasi dan layanan pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk merekam game...

Cyber Life
Google Menggunakan AI untuk Menambahkan 110 Bahasa Baru ke Translate

Meskipun Google Translate jauh dari sempurna, layanan ini tetap menjadi cara yang membantu untuk mendapatkan...

Games
Dead Rising Kembali dengan Deluxe Remaster Baru

Capcom mengumumkan remaster terbaru dari game penghancur zombie tahun 2006, Dead Rising. Pembaruan baru ini,...

Software
Fitur Baru YouTube Premium Termasuk Picture-in-Picture untuk YouTube Shorts

YouTube baru-baru ini meluncurkan berbagai fitur baru untuk pelanggan Premium, termasuk cara cepat untuk melewati...

Games
Karakter Baru Dead by Daylight, Lara Croft

Behavior Interactive baru saja mengumumkan crossover terbaru untuk Dead by Daylight yang menghadirkan karakter favorit...

Cyber Life
OpenAI Akan Blokir Pengguna dari China yang Mengakses Layanannya

OpenAI berencana untuk memblokir pengguna di China dari menggunakan ChatGPT, meskipun layanan tersebut tidak secara...

Software
Aplikasi ChatGPT dari OpenAI untuk macOS Kini Tersedia untuk Semua Pengguna

OpenAI telah merilis aplikasi desktop chatbot kecerdasan buatan (AI) ChatGPT untuk macOS pada hari Selasa....

Handphone
Moto S50 Neo Diluncurkan dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel dan Chip Snapdragon 6s Gen 3

Moto S50 Neo diluncurkan di China. Smartphone ini diperkenalkan bersamaan dengan seri Moto Razr 50....

Games
Stellar Blade Terjual Lebih dari 1 Juta Kopi, Rencana Versi PC Sedang Ditinjau

Stellar Blade, game aksi-petualangan dari studio debutan Shift Up, dilaporkan telah terjual sebanyak satu juta...