SHARE
Hardware

Intel tidak menyerah pada rencana ambisiusnya untuk menantang Nvidia dan AMD di pasar grafis diskrit. Perusahaan tersebut baru-baru ini mengungkapkan roadmap untuk beberapa tahun ke depan yang mencakup peluncuran GPU Arc generasi berikutnya yang memiliki nama kode Battlemage.

Battlemage merupakan penerus dari GPU Arc Alchemist generasi pertama, yang diluncurkan pada awal tahun ini. Meskipun Alchemist menawarkan kinerja dan fitur yang layak, seperti ray tracing dan rendering AI, namun gagal mengesankan para kritikus dan konsumen, yang merasa kurang dibandingkan dengan penawaran dari Nvidia dan AMD.

Namun hingga kini Intel telah bekerja keras untuk meningkatkan driver dan softwarenya yang memberikan peningkatan kinerja dan stabilitas yang signifikan untuk GPU Alchemist di berbagai game dan aplikasi. Pembaruan driver tersebut tidak hanya bermanfaat untuk generasi saat ini, tetapi juga menjadi dasar untuk generasi mendatang dari GPU Intel.

Battlemage diharapkan akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2024, dan akan menggunakan arsitektur Xe2, yang merupakan peningkatan besar dari arsitektur Xe1 yang digunakan pada Alchemist. Battlemage juga akan dibuat menggunakan proses fabrikasi 4nm dari TSMC, yang seharusnya menawarkan efisiensi daya dan performa yang lebih baik daripada proses fabrikasi 6nm yang digunakan di Alchemist.

Menurut beberapa laporan, Battlemage akan memiliki jenis memori baru, kemungkinan GDDR7 yang akan menawarkan bandwidth dan latensi yang lebih tinggi dibandingkan memori GDDR6 yang digunakan di Alchemist. Battlemage juga akan memiliki ray tracing dan mikroarsitektur yang lebih baik, teknologi rendering AI generasi terbaru, dan dukungan Deep Link yang ditingkatkan, yang memungkinkan GPU bekerja dengan lancar dengan CPU Intel.

Battlemage akan menargetkan segmen performa dan antusias dari pasar GPU, dan dikabarkan akan memiliki dua SKU flagship, BMG-G10 dan BMG-G21, dengan target daya dan proses fabrikasi yang berbeda. SKU tersebut juga akan memiliki setidaknya dua kali lebih banyak core daripada ACM-G10, yang merupakan SKU tertinggi dari Alchemist.

Intel juga dikabarkan telah membatalkan GPU Ponte Vecchio dan Rialto Bridge, yang ditujukan untuk pasar data center dan HPC, untuk fokus pada pengembangan XPU Falcon Shores baru, yang akan diluncurkan pada tahun 2025. XPU ini akan menawarkan arsitektur GPU-only, tidak seperti arsitektur CPU+GPU sebelumnya, dan akan menargetkan pasar HPC dan AI.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Cyber Life
Adobe Luncurkan Web App Content Authenticity, Kreator Dapat Menambahkan Label AI pada Konten

Adobe telah memperkenalkan Content Authenticity, sebuah aplikasi web gratis yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan kredensial...

Software
Meta Uji Coba Fitur Baru untuk Posting Instagram Reels Langsung di Threads

Threads, yang diluncurkan setahun lalu sebagai pesaing langsung Meta terhadap platform micro-blogging Elon Musk, X,...

Games
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Handphone
Realme GT 7 Series Dilaporkan Bakal Usung Baterai Jumbo

Pabrikan asal China, Realme diketahui tengah mempersiapkan smartphone terbarunya di China, Realme GT Series. Smartphone...

Electronic & Acc
Fujifilm Perkenalkan X-M5, Mirrorless Pengganti Smartphone

Fujifilm baru saja resmi memperkenalkan kamera APS-C terbarunya, X-M5. Sebagai penerus dari X-T30 II yang...

Hardware
Minisforum Luncurkan EliteMini AI370: Revolusi Mini PC dengan Kinerja AI

Minisforum baru saja resmi merilis EliteMini AI370, mini PC yang menjanjikan kinerja luar biasa dalam...

Software
Snapchat Umumkan Uji Coba Iklan Bersponsor di Chats dan Promoted Places di Snap Map

Dalam sebuah blog, Snapchat merinci iklan-iklan baru yang akan hadir di aplikasinya. Iklan ini akan...

Cyber Life
Google Dikabarkan Kembangkan Fitur Edit Gambar Langsung untuk Gemini

Google dikabarkan sedang meningkatkan kemampuan generasi gambar pada chatbot Gemini. Menurut laporan terbaru, raksasa teknologi...

Software
Akhirnya Pengguna Apple, Kini Bisa Ganti Email Utama ID Apple dengan Mudah

Para pengguna Apple kini dapat bernafas lega. Penantian panjang mereka akhirnya terjawab. Update terbaru iOS...