SHARE
Laptop

Acer memperkenalkan sepasang laptop seri AMD Ryzen 8040. Tak heran, mengingat unit pemrosesan saraf (NPU) yang didedikasikan pada chip mereka, perusahaan memasarkan Acer Swift Edge 16 dan Swift Go 14 tahun 2024 sebagai mesin kerja AI. Mesin-mesin Windows 11 ini mendukung layar OLED, grafis Radeon 780M, dan RAM 32GB.

Seri chip Ryzen 8040, yang diumumkan pada bulan Desember, memiliki Engine AI yang didedikasikan yang AMD klaim membuatnya hingga 1.4 kali lebih cepat dari pendahulunya dalam kinerja model Llama 2 dan AI vision. Acer mengatakan bahwa Swift Edge 16 dan Swift Go 14 akan menggunakan NPU untuk tugas-tugas terkait AI seperti PurifiedVoice (menghilangkan latar belakang berisik dalam panggilan dan rekaman) dan PurifiedView (memperburuk latar belakang dalam gambar dan memperbaiki posisi mata Anda dalam panggilan video).

Seperti kebanyakan mesin Windows baru, laptop-laptop ini memiliki tombol Microsoft Copilot yang didedikasikan pada keyboard mereka untuk kueri AI cepat seperti ChatGPT.

Chip AMD kedua mesin ini termasuk co-processor keamanan Pluton Microsoft. Diperkenalkan pada tahun 2020 melalui kemitraan dengan AMD dan Intel, ini menyatukan keamanan langsung ke dalam prosesor, membantu melindungi kredensial, kunci enkripsi, dan data pribadi Anda dari peretas.

Acer memasarkan Acer Swift Edge 16 sebagai yang mengoptimalkan kinerja tanpa mengorbankan portabilitas. Semua varian perangkat memiliki panel OLED 16 inci dengan resolusi WQXGA (3200 x 2000) dan tingkat refresh rate 120Hz dengan waktu respons kurang dari 0.2ms.

Prosesor Ryzen 7 8840U laptop ini disertai dengan grafis terintegrasi AMD Radeon 780M. Notebook ini memiliki hingga 32GB RAM LPDDR5 dan penyimpanan SSD PCIe 4.0 2TB. Tergantung pada konfigurasi Anda, ia mendukung Wi-Fi 7 atau Wi-Fi 6E.

Swift Edge 16 memiliki berat 2.71 lbs dan tinggi 12.95mm. Itu dilapisi dengan chassis paduan magnesium-aluminium dan memiliki baterai 54 Wh. Ini mencakup dua port USB-C, dua USB-A, satu HDMI 2.1, dan slot microSD.

Yang lebih kecil dari pasangan tersebut, Acer Swift Go 14, memiliki prosesor okta-core AMD Ryzen 9 8945HS dengan grafis AMD Radeon 780M. Mesin ini memiliki RAM LPDDR5X hingga 32GB dan SSD PCIe Gen 4 hingga 2TB.

Varian 14 inci papan atas akan memiliki layar OLED dengan resolusi WQXGA (2880×1800) dengan refresh rate 90Hz. Versi lain akan menukar itu dengan panel IPS 1920 x 1200 dengan kemampuan sentuh. Engsel perangkat dapat diperpanjang hingga 180 derajat, dan trackpad kaca nya 44 persen lebih besar dari model sebelumnya. Ini mendukung Wi-Fi 6E.

Berkat jejak kaki yang lebih kecil, Acer memasarkan Swift Go 14 sebagai versi yang lebih portabel. Namun, ini sekitar tujuh persen lebih berat dari yang berukuran 16 inci, dengan berat 2.91 lbs. Ini tersedia dalam konfigurasi dengan baterai 65 atau 50 Wh.

Kedua model memiliki webcam QHD 1440p, meskipun hanya Swift Go 14 yang tercantum memiliki penutup privasi. Model yang lebih kecil lebih sedikit port daripada model 16 inci, melepaskan pasangan koneksi USB-A di yang lebih besar. Swift Go 14 memiliki dua port USB-C, konektor HDMI 2.1, dan slot microSD.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Hardware
ONDA Luncurkan Motherboard Mini-ITX AM5 Terjangkau, B650PLUS-ITX-W

Produsen hardware asal China, ONDA baru saja memperkenalkan motherboard Mini-ITX AM5 terbarunya. B650PLUS-ITX-W hadir dengan...

Software
Microsoft Designer Kini Hadirkan Opsi Gambar Landscape dan Portrait

Microsoft baru saja mengumumkan pembaruan besar-besaran untuk software desain grafis berbasis AI-nya, Microsoft Designer. Software...

Software
Aplikasi Kamera Blackmagic Hadir di Smartphone, Samsung Galaxy dan Google Pixel

Blackmagic Camera, aplikasi kamera digital film profesional dan pemrosesan gambar, kini tersedia di smartphone Android....

Handphone
Moto Razr 50 Ultra dengan Chip Snapdragon 8s Gen 3 dan Layar Cover 4 Inci Diluncurkan Bersama Razr 50

Moto Razr 50 dan Moto Razr 50 Ultra diluncurkan di China  sebagai smartphone lipat terbaru...

Cyber Life
Firefox Kini Memungkinkan Penggunaan Chatbot AI di Sidebar

Seperti pembuat browser lainnya, Mozilla berupaya menghadirkan lebih banyak fitur AI ke dalam Firefox. Upaya...

Games
Koleksi Ulang Tahun ke-50 Atari Mendapat Pembaruan Besar dengan Hampir 40 Game Tambahan

Atari adalah pelopor dalam dunia gaming konsol rumah dengan peluncuran Atari 2600, pendahulu NES. Konsol...

Software
Snapchat Membuat Lebih Sulit bagi Orang Asing Menghubungi Remaja

Snapchat kembali memperkuat fitur keamanannya untuk membuat lebih sulit bagi orang asing menghubungi remaja dalam...

Handphone
Qualcomm Akan Beri Solusi Update Lebih Mudah di Semua Perangkat Android

Manufaktur chipset ternama, Qualcomm baru saja menyatakan tengah mempersiapkan proses pembaruan sistem operasi Android agar...

Games
CEO Ubisoft Konfirmasikan Game Remake Dari Assassin’s Creed

Ubisoft baru saja mengkonfirmasikan tengah mengembangkan game remake dari franchise terpopulernya Assassin's Creed. Informasi tersebut...