SHARE
Handphone

Xiaomi baru saja resmi memperkenalkan smartphone flagship terbarunya, Xiaomi 14 Ultra. Smartphone flagship terbaru tersebut akan diluncurkan pertama di China pada 25 Februari dan kemudian akan hadir secara global di Barcelona. Xiaomi 14 Ultra merupakan peningkatan dari pendahulunya, 13 Ultra, dengan sejumlah perbaikan signifikan pada desain, kamera, dan performa.

Xiaomi 14 Ultra hadir dalam tiga pilihan warna dengan material yang berbeda yang memberikan kesan dan sentuhan yang unik. Model warna hitam dan putih menggunakan panel belakang berbahan kulit sintetis yang menghadirkan kesan premium dan elegan. Model ini memiliki berat 224,4 gram, 3 gram lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Sementara model warna biru hadir dengan panel belakang Dragon Crystal yang memantulkan cahaya dengan memukau. Model ini sedikit lebih berat, yaitu 229,5 gram.

Varian paling eksklusif adalah Titanium Special Edition. Varian tersebut menggunakan frame titanium grade 5, material yang sama dengan iPhone dan lebih unggul dibanding Galaxy S24 Ultra. Titanium Special Edition memiliki berat 229,6 gram dan desain metalik yang kokoh.

Xiaomi 14 Ultra tetap menggunakan konfigurasi quad kamera 50MP yang mengesankan dari 13 Ultra, namun dengan beberapa peningkatan. Kamera utamanya masih menggunakan sensor 1-inci, namun kini menggunakan Sony LYT-900 dengan desain yang lebih baik dan pembacaan data yang lebih cepat. Lensa utama juga memiliki fitur aperture ganda yang dapat beralih antara f/1.63 dan f/4.0, tergantung kondisi pencahayaan. Fitur tersebut memungkinkan kamera utamanya mampu menangkap hingga 136% lebih banyak cahaya dibanding lensa f/1.9 – f/4.0 pada 13 Ultra. 

Lensa zoom terdiri dari lensa 3.2x 75mm f/1.8 reguler dan lensa periskop 5x 120mm f/2.5. Kedua lensa ini berbagi sensor Sony IMX858 1/2.5-inci dengan lensa ultrawide 12mm f/1.8. Lensa periskopnya juga telah ditingkatkan dari bukaan f/3.0 menjadi f/2.5, sehingga meningkatkan performa minim cahaya. 

Layar Xiaomi 14 Ultra secara spesifikasi masih mirip dengan 13 Ultra dengan panel LTPO AMOLED 6,73 inci dengan resolusi 1440×3200 pixel dengan refresh rate maksimum 120 Hz, dukungan Dolby Vision dan HDR10+. Namun, panel ini sedikit lebih cerah, yaitu 3.000 nits (dibandingkan 13 Ultra di 2.600 nits).

Xiaomi 14 Ultra ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3 terbaru dan terkuat, yang dapat menangani tugas apa pun dengan mudah. Smartphone tersebut juga dilengkapi dengan RAM hingga 16 GB dan penyimpanan hingga 1 TB, yang lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna. Xiaomi 14 Ultra menjalankan Android 14 dengan kustomisasi Xiaomi HyperOS yang menawarkan pengalaman pengguna yang lancar dan personal.

Baterai Xiaomi 14 Ultra sedikit lebih besar dari 13 Ultra, yaitu 5.300mAh. Baterai ini mendukung pengisian cepat hingga 90W dengan kabel atau hingga 80W dengan klip nirkabel. Baterai juga dilindungi oleh chip baterai G1 dan P2 yang mencegah pengisian daya berlebih dan overheating. Xiaomi 14 Ultra juga mendukung pengisian balik nirkabel, yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Cyber Life
ChatGPT Tambah 50 Juta Pengguna Mingguan dalam Dua Bulan Saja

Tak heran jika para investor berlomba-lomba untuk menyuntikkan dana ke OpenAI. Bersamaan dengan pengumuman bahwa...

Electronic & Acc
Kacamata Pintar Meta Kini Bisa Menemukan Lokasi Parkir Mobil Anda

Meta mulai meluncurkan beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan untuk kacamata pintar Ray-Ban bertenaga AI bagi...

Software
WhatsApp Mulai Perkenalkan 22 Tema Custom Untuk Chat dan Pengaturan Notifikasi Lebih Baik

WhatsApp, platform pesan instan yang populer, terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan privasi. Beberapa...

Hardware
Addlink Luncurkan SSD Gaming M.2 Gen 5 G55 dan G55H

Addlink Technology, salah satu pemain terkemuka dalam inovasi penyimpanan digital baru saja resmi meluncurkan seri...

Handphone
Google Pixel 9a Dikabarkan Akan Diluncurkan Lebih Cepat dari Biasanya

Google biasanya memperkenalkan smartphone seri Pixel A di acara tahunan Google I/O pada bulan Mei....

Electronic & Acc
Patriot Perkenalkan Kartu microSD Viper Gaming Series V30 A2

Produsen ternama modul memori gaming berperforma tinggi, SSD, flash memory, dan periferal gaming, Patriot baru...

Games
Palworld Siap Hadir di Mobile, Berkat Pengembang PUBG

Palworld akan segera hadir di perangkat mobile Anda. Krafton, penerbit PUBG: Battlegrounds, telah menandatangani kesepakatan...

Uncategorized
Threads Akan Menampilkan Jumlah Pengikut Anda di Fediverse

Meta terus meningkatkan kompatibilitas Threads dengan fediverse selama setahun terakhir. Kini, perusahaan mengambil langkah signifikan...

Handphone
Xiaomi Berencana Akan Hapus Fitur Unlocking Bootloader 2025 Mendatang

Produsen smartphone asal China, Xiaomi baru saja dilaporkan tengah mempertimbangkan perubahan signifikan dalam kebijakan perangkat...