SHARE
Games

PlayStation baru saja mengkonfirmasi bahwa perusahaan tersebut telah melakukan pemangkasan staf di Visual Arts Group, sebuah studio yang berbasis di San Diego yang memberikan dukungan untuk beberapa franchise terbesar perusahaan.

PHK ini terjadi saat studio tersebut dilaporkan sedang mengerjakan sebuah proyek yang belum diumumkan, yang dilaporkan merupakan sebuah game baru dalam seri Uncharted.

Menurut mantan karyawan yang memposting di media sosial, PHK tersebut memengaruhi beberapa pengembang, termasuk mantan Senior Level Designer Daniel Bellemere, yang menulis: “Sayang sekali, menyusul gelombang PHK minggu lalu adalah hari terakhir saya di PlayStation. Meskipun ini tentu bukan berita yang saya harapkan namun saya bersyukur telah memiliki kesempatan untuk bekerja bersama rekan-rekan yang sangat berbakat pada proyek-proyek luar biasa dan saya pergi dengan kenangan baik dari waktu saya di sana.”

Bellemere juga tidak menyebutkan proyek apa yang sedang ia kerjakan, akan tetapi ia sebelumnya telah mengerjakan pengembangan dari beberapa game seperti God of War, The Last of Us Part II, dan Marvel’s Spider-Man.

PlayStation Studios Visual Arts didirikan pada tahun 2007 dengan nama Visual Arts Service Group. Berbasis di San Diego, studio tersebut membantu pengembangan dari beberapa franchise ternama dari PlayStation. Studio juga ini telah berkontribusi pada game-game seperti Death Stranding, Ghost of Tsushima, dan Horizon Zero Dawn.

Studio game tersebut juga memainkan peran penting dalam pengembangan The Last of Us Part II, karena membantu Naughty Dog menyelesaikan game tersebut setelah menghadapi beberapa penundaan dan tantangan. Karya studio ini pada game tersebut baru-baru ini ditonjolkan dalam sebuah dokumenter oleh Noclip.

Mantan karyawan lainnya, Matt Barney, yang sebelumnya menjabat sebagai Senior Environmental Artist menulis: “Selamat tinggal PlayStation / Sony Interactive Entertainment, itu nyata! Selama beberapa bulan terakhir, saya tahu gelombang PHK ini akan datang Saya mencintai PlayStation & saya selalu akan … Maksud saya, saya tetap tinggal ketika saya punya kesempatan untuk pergi, jadi jelas!”

Beberapa pengembang lainnya yang bekerja pada The Last of Us Part II juga mengumumkan bahwa kontrak mereka dengan PlayStation Studios Visual Arts telah berakhir, tetapi tidak jelas apakah ini disebabkan oleh PHK atau berakhirnya masa kontrak mereka.

Salah satunya adalah Rigging Artist Sean Teo, yang menulis di halaman LinkedIn-nya: “Halo semua, kontrak saya di PlayStation Visual Arts sayangnya telah berakhir. Saya saat ini sedang mencari peran baru dan saya fleksibel dengan bekerja pada video game, film sinematik, dan pekerjaan komersial.”

PlayStation juga tidak mengungkapkan detail apa pun tentang proyek yang belum diumumkan yang sedang dikerjakan oleh studio tersebut, atau bagaimana PHK akan mempengaruhi pengembangannya. Seorang juru bicara PlayStation mengatakan kepada IGN: “Kami dapat mengonfirmasi bahwa telah terjadi pengurangan jumlah karyawan di Studio San Diego. Kami terus mengevaluasi tim dan program di SIE Worldwide Studios untuk memastikan kami memiliki sumber daya yang tepat untuk memberikan konten inovatif dan menarik kepada audiens kami.”

PHK di PlayStation Studios Visual Arts merupakan bagian dari tren yang lebih besar dari kehilangan pekerjaan di industri game pada tahun 2023. Beberapa studio milik Embracer Group juga terkena PHK setelah kesepakatan besar dengan Savvy Games Group gagal. Hal tersebut juga menimpa Gearbox Publishing, Crystal Dynamics, Beamdog, Volition, dan Zen Studios.

 

LAINNYA DARI MASTEKNO
Games
Mike Morhaime, Co-founder Blizzard, Garap sebuah Game yaitu Pesta Tabletop RPG

Mike Morhaime, salah satu pendiri dan mantan CEO Blizzard, lewat perusahaan penerbitannya Dreamhaven, baru saja...

Hardware
Steam Deck Hadir di Australia Mulai November

Para gamer di Australia tidak perlu lagi membeli Steam Deck dengan harga tinggi dari reseller...

Cyber Life
Wayback Machine dari Internet Archive Kembali Online Setelah Serangan DDoS Pekan Lalu

Wayback Machine dari Internet Archive kini kembali online dalam mode read-only setelah serangan DDoS pada...

Handphone
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Cyber Life
Google Luncurkan Fitur Baru Layar Screensaver AI Kustom di Perangkat Google TV

Google mulai meluncurkan fitur-fitur baru untuk perangkat Google TV. Salah satu fitur yang paling mencuri...

Software
Setelah iOS, WhatsApp Hadirkan Dukungan Tema Khusus Chat ala Messenger di Android

WhatsApp akhirnya memperkenalkan dukungan tema khusus untuk setiap chat di versi Android. Sebelumnya, fitur tema...

Software
Windows 11 24H2 Update Sebabkan Crash pada SSD Western Digital

Update terbaru Windows 11 24H2 baru saja menimbulkan masalah besar bagi pengguna yang menggunakan model...

Games
Bandai Namco Dilaporkan Batalkan Banyak Proyek Game dan PHK

Bandai Namco, salah satu penerbit game terkemuka di industri gaming, baru saja dilaporkan membatalkan banyak...

Cyber Life
Spotify Perluas Fitur Video Musik ke 85 Negara

Platform streaming musik terpopuler, Spotify baru saja mengumumkan perluasan fitur video musiknya ke 85 pasar...