SHARE
Hardware

Kartu grafis semakin berkembang pesat, dan kehadiran GeForce RTX 4060 “Ada” menjadi sorotan dengan ukurannya yang mungil namun tetap bertenaga. Kehebatan teknik ini terwujud berkat chip AD107 yang hanya membutuhkan empat buah memory chip, sehingga ukuran PCB (Printed Circuit Board) menjadi sangat kecil.  

Desain low-profile tersebut menjadi kabar gembira bagi penggemar PC mini (Small Form Factor/SFF) dan desktop low-profile, dimana segmen ini sedang berkembang pesat khususnya di pasar seperti Jepang.

Sebagai salah satu pabrikan hardware komputer terkemuka, GALAX baru saja memperkenalkan kartu grafis GeForce RTX 4060 low-profile. Kartu grafis tersebut memiliki panjang hanya 18.2 cm dan tinggi 6.9 cm. GALAX RTX 4060 memiliki konfigurasi dual-slot yang memuat solusi pendinginan efisien dengan heatsink aluminium fin-stack yang didorong oleh tiga buah kipas berukuran 40 mm.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil berukuran kecil, konektivitas tetap terjaga. Kartu grafis tersebut menawarkan empat konektor display yang terdiri dari dua DisplayPort 1.4 dan dua port HDMI 2.1a, sehingga kompatibel dengan berbagai macam pengaturan monitor. Kebutuhan daya juga tergolong moderat dengan hanya membutuhkan konektor daya PCIe tunggal 8-pin. Namun perlu dicatat bahwa mungkin diperlukan sedikit ruang tambahan di bagian belakang kartu grafis.

Secara estetika, GALAX RTX 4060 tampil memukau dengan warna putih. PCB putih selaras dengan shroud dan kipas pendingin yang menciptakan kontras mencolok dengan warna metalik pada heatsink.  Kartu grafis tersebut dilengkapi dengan bracket full-height, namun bagi yang menginginkan profil lebih ramping, disertakan juga bracket low-profile dalam paket penjualannya.

GALAX bukan satu-satunya produsen yang melihat potensi kartu low-profile. Beberapa brand seperti ASUS dan GIGABYTE juga turut meramaikan segmen ini dengan menawarkan versi RTX 4060 mereka sendiri yang dirancang khusus untuk pasar SFF dan low-profile.

RTX 4060 sendiri secara khusus dipuji berkat efisiensi dan performanya, terutama dalam gaming 1080p, meskipun ada beberapa pengorbanan dalam hal memori dan bus width dibandingkan pendahulunya, RTX 3060. Harganya juga terbilang kompetitif di US$299 yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi gamer dan profesional yang hemat anggaran.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Handphone
Qualcomm Akan Beri Solusi Update Lebih Mudah di Semua Perangkat Android

Manufaktur chipset ternama, Qualcomm baru saja menyatakan tengah mempersiapkan proses pembaruan sistem operasi Android agar...

Games
CEO Ubisoft Konfirmasikan Game Remake Dari Assassin’s Creed

Ubisoft baru saja mengkonfirmasikan tengah mengembangkan game remake dari franchise terpopulernya Assassin's Creed. Informasi tersebut...

Hardware
MINISFORUM Resmi Perkenalkan UM890 Pro Dengan AMD Ryzen 9

Manufaktur mini PC terkemuka, MINISFORUM baru saja memperkenalkan mini PC terbarunya UM890 Pro. Mini PC...

Software
0patch Tawarkan Patch Keamanan Untuk Windows 10 Selama Lima Tahun Ke Depan

0patch, penyedia layanan patch keamanan ternama baru saja mengumumkan komitmennya untuk memberikan perlindungan bagi sistem...

Games
Grand Theft Auto, The Trilogy – the Definitive Edition Tembus 30 Juta Unduhan di Netflix Games

Netflix menambahkan Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition ke layanan langganan game...

Software
Tablet Google Pixel Dapatkan Akses Circle to Search melalui Tombol Aksi pada Android 15 Beta 3

Android 15 dikabarkan akan memudahkan pengguna mengakses fitur Circle to Search dari Google pada perangkat...

Electronic & Acc
Pengembangan Apple Vision Pro 2 Dilaporkan Dihentikan Akibat Penjualan yang Buruk

Apple Vision Pro 2, penerus yang dirumorkan dari headset realitas campuran pertama dari raksasa teknologi...

Cyber Life
Meta Akhirnya Membuat API Threads Tersedia untuk Pengembang

Perusahaan ini mulai menguji alat pengembang dengan beberapa perusahaan pada bulan Maret lalu, tetapi kini...

Software
Kini Anda Dapat Membatasi Instagram Live untuk Teman Dekat

Instagram meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan kelompok teman dan pengikut yang...