SHARE
Games

Sebelumnya Sony telah mengumumkan akan meluncurkan model baru dari konsol game andalan mereka, Konsol terbaru dari Sony tersebut dilaporkan akan bernama PlayStation 5 Slim yang akan rilis pada November mendatang. PlayStation 5 Slim akan memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringan dibandingkan PlayStation 5 original. 

Menurut laporan terbaru dari VGC, PlayStation 5 Slim akan tersedia dalam dua model, PS5 Slim dengan disc drive Blu-ray dan PS5 Digital tanpa drive. Kedua konsol tersebut juga akan memiliki ruang penyimpanan sebesar 1 TB yang dua kali lipat lebih banyak dibandingkan PlayStation 5 original. PlayStation 5 Slim juga akan mendukung resolusi 4K, ray tracing, audio 3D, backward compatibility dengan sebagian besar game PlayStation 4.

PS5 Slim edisi standar disebut akan ditawarkan di harga US$559.99 di AS, yang sama dengan harga PlayStation 5 saat ini. Namun, PlayStation 5 Slim edisi digital akan dijual seharga US$449.99, yang US$50 lebih mahal daripada edisi digital PlayStation 5 original. Sony menjelaskan bahwa kenaikan harga ini disebabkan oleh meningkatnya biaya komponen dan produksi.

Salah satu fitur paling menarik dari PlayStation 5 Slim edisi digital adalah bahwa pemain dapat menambahkan drive Blu-ray disc nanti jika mereka ingin. Sony akan menjual drive disc terpisah seharga US$79.99 yang dapat dengan mudah dipasang ke PS5 Slim edisi digital. Hal ini akan memberikan pemain lebih banyak fleksibilitas dan pilihan dalam cara mereka bermain game.

PlayStation 5 Slim juga sebuah stand apabila pemain ingin meletakkannya secara vertikal. Stand ini akan dijual terpisah seharga US$30. Sony mengatakan bahwa keputusan desain ini dibuat untuk mengurangi ukuran dan berat konsol, serta untuk meningkatkan sistem pendinginnya.

PlayStation 5 Slim akan diluncurkan di AS pada 10 November 2023, diikuti oleh wilayah lain pada bulan-bulan berikutnya. Sony juga mengungkapkan bahwa mereka akan menawarkan paket khusus dari PlayStation 5 Slim edisi standar dengan Marvel’s Spider-Man 2, yang merupakan salah satu game paling diantisipasi tahun ini. Paket konsol tersebut nantinya akan tersedia pada 8 November 2023, dua hari sebelum peluncuran konsol standalone, dan akan dijual seharga US$559.99.

PlayStation 5 Slim diperkirakan akan sangat diminat para pemain, karena PlayStation 5 original telah menghadapi masalah kekurangan pasokan dan penjualan ulang sejak peluncurannya. Sony menjamin bahwa mereka akan memproduksi unit PlayStation 5 Slim yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar dan bahwa mereka akan bekerja sama dengan para retailer untuk mencegah penjualan ulang dan penentuan harga yang semena-mena.

PlayStation 5 Slim juga merupakan adalah upaya terbaru dari Sony untuk bersaing dengan saingannya Microsoft, yang meluncurkan konsolnya sendiri yang lebih kecil dan murah, Xbox Series S, pada November 2020. Xbox Series S dijual seharga US$299 dan memiliki fitur serupa dengan PS5 Slim edisi digital, kecuali untuk pilihan menambahkan disc drive.

 

LAINNYA DARI MASTEKNO
Games
Mike Morhaime, Co-founder Blizzard, Garap sebuah Game yaitu Pesta Tabletop RPG

Mike Morhaime, salah satu pendiri dan mantan CEO Blizzard, lewat perusahaan penerbitannya Dreamhaven, baru saja...

Hardware
Steam Deck Hadir di Australia Mulai November

Para gamer di Australia tidak perlu lagi membeli Steam Deck dengan harga tinggi dari reseller...

Cyber Life
Wayback Machine dari Internet Archive Kembali Online Setelah Serangan DDoS Pekan Lalu

Wayback Machine dari Internet Archive kini kembali online dalam mode read-only setelah serangan DDoS pada...

Handphone
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Cyber Life
Google Luncurkan Fitur Baru Layar Screensaver AI Kustom di Perangkat Google TV

Google mulai meluncurkan fitur-fitur baru untuk perangkat Google TV. Salah satu fitur yang paling mencuri...

Software
Setelah iOS, WhatsApp Hadirkan Dukungan Tema Khusus Chat ala Messenger di Android

WhatsApp akhirnya memperkenalkan dukungan tema khusus untuk setiap chat di versi Android. Sebelumnya, fitur tema...

Software
Windows 11 24H2 Update Sebabkan Crash pada SSD Western Digital

Update terbaru Windows 11 24H2 baru saja menimbulkan masalah besar bagi pengguna yang menggunakan model...

Games
Bandai Namco Dilaporkan Batalkan Banyak Proyek Game dan PHK

Bandai Namco, salah satu penerbit game terkemuka di industri gaming, baru saja dilaporkan membatalkan banyak...

Cyber Life
Spotify Perluas Fitur Video Musik ke 85 Negara

Platform streaming musik terpopuler, Spotify baru saja mengumumkan perluasan fitur video musiknya ke 85 pasar...