SHARE
Games

Nintendo baru saja dilaporkan tengah mengembangkan konsol portable terbaru yang memiliki performa yang mampu bersaing dengan PC gaming di pasaran. Konsol dengan nama kode Switch 2 tersebut nantinya akan ditenagai dengan chipset yang dirancang oleh NVIDIA yang merupakan pelopor di bidang teknologi grafis.

Chipset t239 dilaporkan akan menggunakan arsitektur NVIDIA Ampere yang sama pada kartu grafis GeForce RTX 30 Series. Teknologi Ampere mampu menghadirkan visual yang impresif dengan pencahayaan yang realistis, dan fitur canggih seperti ray tracing dan deep learning super sampling (DLSS).

Menurut laporan dari berbagai sumber chipset T239 akan memiliki 10 graphic processing cluster (GPC) yang masing-masing memiliki 128 core dengan total keseluruhan 1280 core. Jumlah core yang dimiliki chipset tersebut enam kali lebih banyak dari Switch original yang memiliki 256 core dengan chipset berbasis arsitektur NVIDIA Maxwell. Chipset T239 juga memiliki delapan core CPU yang berbasis dari Arm Cortex A78 yang merupakan processor dengan performa tinggi dan hemat daya.

Chipset T239 akan diproduksi oleh Samsung dengan menggunakan proses fabrikasi 7LPH 8nm. Proses fabrikasi 8nm tersebut membawa peningkatan dan menawarkan performa dan efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Switch 2 juga mampu memainkan game di resolusi 4K dan 60 fps tanpa menggunakan upscaling maupun interpolasi. Konsol tersebut juga mendukung ray tracing dan DLSS yang akan meningkatkan pengalaman gaming dari pengguna dengan meningkatkan kualitas grafis dan mensimulasikan cahaya yang lebih realistis.

Beberapa media juga dilaporkan bahwa mereka telah mencoba konsol Switch 2 pada event Gamescom 2023 di Jerman. Mereka juga mengklaim bahwa konsol tersebut mampu menjalankan demo Unreal Engine 5 Matrix Awakens dengan DLSS 3.1 yang memamerkan engine grafis dari Epix Games. Demo tersebut menampilkan adegan impresif dari franchise The Matrix seperti karakter, lingkungan dan efek yang tampil nyata.

Meskipun begitu, Nintendo masih belum resmi mengumumkan konsol Switch 2 namun perusahaan asal Jepang tersebut diperkirakan akan mengungkap beberapa detail dalam beberapa bulan mendatang. Konsol tersebut juga sebelumnya dilaporkan akan rilis pada akhir 2023 atau awal 2024 dan akan kompatibel dengan game dan aksesori Switch yang sudah ada.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Handphone
Qualcomm Akan Beri Solusi Update Lebih Mudah di Semua Perangkat Android

Manufaktur chipset ternama, Qualcomm baru saja menyatakan tengah mempersiapkan proses pembaruan sistem operasi Android agar...

Games
CEO Ubisoft Konfirmasikan Game Remake Dari Assassin’s Creed

Ubisoft baru saja mengkonfirmasikan tengah mengembangkan game remake dari franchise terpopulernya Assassin's Creed. Informasi tersebut...

Hardware
MINISFORUM Resmi Perkenalkan UM890 Pro Dengan AMD Ryzen 9

Manufaktur mini PC terkemuka, MINISFORUM baru saja memperkenalkan mini PC terbarunya UM890 Pro. Mini PC...

Software
0patch Tawarkan Patch Keamanan Untuk Windows 10 Selama Lima Tahun Ke Depan

0patch, penyedia layanan patch keamanan ternama baru saja mengumumkan komitmennya untuk memberikan perlindungan bagi sistem...

Games
Grand Theft Auto, The Trilogy – the Definitive Edition Tembus 30 Juta Unduhan di Netflix Games

Netflix menambahkan Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition ke layanan langganan game...

Software
Tablet Google Pixel Dapatkan Akses Circle to Search melalui Tombol Aksi pada Android 15 Beta 3

Android 15 dikabarkan akan memudahkan pengguna mengakses fitur Circle to Search dari Google pada perangkat...

Electronic & Acc
Pengembangan Apple Vision Pro 2 Dilaporkan Dihentikan Akibat Penjualan yang Buruk

Apple Vision Pro 2, penerus yang dirumorkan dari headset realitas campuran pertama dari raksasa teknologi...

Cyber Life
Meta Akhirnya Membuat API Threads Tersedia untuk Pengembang

Perusahaan ini mulai menguji alat pengembang dengan beberapa perusahaan pada bulan Maret lalu, tetapi kini...

Software
Kini Anda Dapat Membatasi Instagram Live untuk Teman Dekat

Instagram meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan kelompok teman dan pengikut yang...