SHARE
Cyber Life

Akuisisi terbesar dalam sejarah gaming dan salah satu yang terbesar dalam industri teknologi sudah tuntas. Dua puluh satu bulan setelah kesepakatan diumumkan, Microsoft telah membeli Activision Blizzard seharga $68,7 miliar, yang merupakan akuisisi terbesar dalam sejarah perusahaan. CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer, telah meminta CEO Activision, Bobby Kotick, untuk tetap berada hingga akhir 2023, setelah itu dia akan meninggalkan perusahaan. 

Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris (CMA) awalnya menolak kesepakatan ini pada bulan April, meskipun mereka dan perusahaan sepakat untuk menghentikan banding Microsoft untuk mencoba menyelesaikan kekhawatiran regulator terkait dampak penggabungan ini pada industri game berbasis cloud. Pengadilan banding menyetujui permintaan penundaan proses tersebut.

Dalam upaya untuk memenangkan hati regulator Inggris, Microsoft setuju untuk menjual hak game berbasis cloud untuk judul-judul Activision Blizzard kepada Ubisoft. Artinya, tidak hanya game-game Activision Blizzard akan ada di Xbox Game Pass, tetapi juga akan hadir di Ubisoft+ dan layanan game-streaming lainnya yang dipilih oleh Ubisoft. Kekhawatiran tentang persaingan di pasar game berbasis cloud menjadi alasan CMA untuk awalnya menolak pengambilalihan Microsoft terhadap Activision, tetapi pengawas tersebut mengatakan pada bulan September bahwa konsesi Ubisoft membuka pintu bagi persetujuan kesepakatan ini. Beberapa minggu kemudian, CMA telah menyetujui merger ini. Microsoft juga menandatangani perjanjian sepuluh tahun dengan Nintendo dan beberapa perusahaan game berbasis cloud lainnya untuk menawarkan judul-judulnya di platform mereka. 

Upaya Federal Trade Commission (FTC) untuk menghentikan kesepakatan ini karena masalah persaingan tidak berhasil. Badan ini menggugat untuk memblokirnya pada bulan Desember dan persidangan pendahuluan dalam kasus ini dijadwalkan berlangsung pada tanggal 2 Agustus. FTC mencoba untuk sementara memblokir merger ini dengan konjungsi sementara sebelum sidang administratifnya, tetapi hakim menolak usaha tersebut.

FTC masih berencana untuk menantang merger ini. Jika upaya itu berhasil, Microsoft mungkin akan dipaksa untuk melepaskan sebagian atau seluruh Activision Blizzard.

Namun, untuk saat ini, kesepakatan ini telah selesai. Ini berarti, antara lain, judul-judul Activision Blizzard akan tersedia di platform game berbasis cloud untuk pertama kalinya sejak penerbit tersebut menarik judul-judulnya dari GeForce Now pada awal 2020. Game mereka pasti akan bergabung dengan Game Pass dalam beberapa bulan ke depan, termasuk di Xbox Cloud Gaming, dan akan muncul di Ubisoft+ dan platform-platform lain yang bekerja sama dengan Ubisoft.

Mereka yang menunggu dua game terbesar Activision Blizzard tahun 2023 untuk masuk ke Game Pass pasti perlu bersabar. Penerbit tersebut mengatakan Call of Duty: Modern Warfare III dan Diablo IV tidak akan masuk ke layanan tersebut hingga tahun depan.

Sementara itu, game Blizzard sudah tersedia di Steam daripada hanya ada di peluncur Battle.net. Kemungkinan kita akan melihatnya muncul di aplikasi PC Xbox juga. Bagi nilai, dalam dokumen pengadilan, Microsoft menyebut strategi Activision yang merilis versi PC dari judul Call of Duty eksklusif di Battle.net sebagai “kegagalan luar biasa” dalam upaya mengembangkan platform tersebut.

Salah satu alasan kunci yang diberikan oleh Microsoft untuk mengejar kesepakatan ini adalah untuk mempercepat tujuannya menjadi pemain besar dalam pasar game seluler. Dengan pendapatan mobile Activision Blizzard mencapai $1,9 miliar dalam enam bulan pertama tahun 2023 saja, tujuan itu akan tercapai dalam waktu singkat.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Games
Grand Theft Auto, The Trilogy – the Definitive Edition Tembus 30 Juta Unduhan di Netflix Games

Netflix menambahkan Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition ke layanan langganan game...

Software
Tablet Google Pixel Dapatkan Akses Circle to Search melalui Tombol Aksi pada Android 15 Beta 3

Android 15 dikabarkan akan memudahkan pengguna mengakses fitur Circle to Search dari Google pada perangkat...

Electronic & Acc
Pengembangan Apple Vision Pro 2 Dilaporkan Dihentikan Akibat Penjualan yang Buruk

Apple Vision Pro 2, penerus yang dirumorkan dari headset realitas campuran pertama dari raksasa teknologi...

Cyber Life
Meta Akhirnya Membuat API Threads Tersedia untuk Pengembang

Perusahaan ini mulai menguji alat pengembang dengan beberapa perusahaan pada bulan Maret lalu, tetapi kini...

Software
Kini Anda Dapat Membatasi Instagram Live untuk Teman Dekat

Instagram meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan kelompok teman dan pengikut yang...

Games
Dragon Quest 3 HD-2D Remake Rilis pada 14 November

Square-Enix telah mengumumkan bahwa versi baru dari Dragon Quest III, yang menggabungkan elemen lama dan...

Games
Sekuel Lords of the Fallen Dijadwalkan Rilis pada 2026, Eksklusif di Epic Games Store untuk PC

Lords of the Fallen, game action-RPG bergaya Soulslike yang direboot pada 2023, akan mendapatkan sekuel....

Handphone
Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro dengan MediaTek Dimensity 7300-Energy Diluncurkan Secara Global

Oppo Reno 12 dan Reno 12 Pro telah diperkenalkan di beberapa pasar global, beberapa minggu...

Cyber Life
Adobe Acrobat Hadirkan Fitur AI, Termasuk Generasi Gambar dengan Integrasi Model Firefly Image 3

Adobe memperkenalkan serangkaian fitur kecerdasan buatan (AI) baru untuk Acrobat, perangkat lunak pengedit PDF-nya, pada...