SHARE
Software

Setelah setahun berusaha merevolusi industri berita, pendiri Instagram Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk menghentikan aplikasi agregator berita berbasis AI mereka, Artifact. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan mereka Nokto, Inc ini sebelumnya diluncurkan dalam versi private beta pada Januari 2023 dan dibuka untuk umum pada Februari 2023.

Systrom dan Krieger yang dikenal sebagai kreator dari Instagram, platform berbagi foto dan video populer yang dibeli oleh Meta Platforms, Inc. (dahulu Facebook, Inc.) dengan harga US$1 miliar pada 2012. Keduanya meninggalkan Meta pada 2018 karena dilaporkan berselisih dengan CEO Mark Zuckerberg tentang arah Instagram.

Dalam sebuah postingan di Medium, Systrom, yang merupakan CEO Nokto, Inc, mengumumkan bahwa mereka mengakhiri operasi Artifact, dengan alasan kurangnya peluang pasar dan kebutuhan untuk membuat keputusan sulit lebih awal. 

Artifact dirancang untuk menjadi aplikasi berita yang dipersonalisasi yang menggunakan machine learning untuk menyaring konten berita untuk penggunanya. Aplikasi tersebut memiliki beberapa fitur inovatif, seperti Summaries Tool yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan ringkasan singkat dari cerita berita dalam berbagai gaya, seperti GenZ, Poem, dan Explain Like I’m Five (ELI5). Aplikasi tersebut juga memungkinkan pengguna untuk mengikuti penulis dan topik favorit mereka, dan membuat gambar yang dihasilkan oleh AI untuk postingan mereka. Aplikasi ini diterima dengan baik oleh beberapa pengguna dan kritikus, dan bahkan dinobatkan sebagai aplikasi esensial harian terbaik tahun 2023 oleh Google Play Store.

Sayangnya, Artifact juga menghadapi beberapa tantangan dan kritikan, seperti bersaing dengan aplikasi berita lainnya, menangani informasi palsu dan clickbait, dan menarik dan mempertahankan pengguna dan penulis. Beberapa pengguna juga mengeluh melihat berita yang tidak mereka setujui atau sukai, atau melihat terlalu banyak berita dari sumber tertentu. Menurut Sensor Tower, sebuah platform analitik aplikasi seluler, Artifact hanya memiliki sekitar 500.000 unduhan di perangkat iOS dan Android hingga Desember 2023.

Systrom mengatakan bahwa “kemampuan membaca berita inti” Artifact akan tetap aktif hingga akhir Februari 2024, tetapi pengguna tidak akan dapat menambahkan komentar dan postingan baru, karena fitur-fitur tersebut memerlukan moderasi dan pengawasan yang tidak akan dapat disediakan oleh tim. Pengguna masih akan dapat melihat postingan sebelumnya mereka di tampilan profil sendiri. Dia juga berterima kasih kepada komunitas Artifact atas dukungan dan umpan balik mereka, dan mengatakan bahwa tim akan terus bekerja pada “hal-hal yang lebih baru, lebih besar, dan lebih berdampak” di masa depan.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Cyber Life
ChatGPT Tambah 50 Juta Pengguna Mingguan dalam Dua Bulan Saja

Tak heran jika para investor berlomba-lomba untuk menyuntikkan dana ke OpenAI. Bersamaan dengan pengumuman bahwa...

Electronic & Acc
Kacamata Pintar Meta Kini Bisa Menemukan Lokasi Parkir Mobil Anda

Meta mulai meluncurkan beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan untuk kacamata pintar Ray-Ban bertenaga AI bagi...

Software
WhatsApp Mulai Perkenalkan 22 Tema Custom Untuk Chat dan Pengaturan Notifikasi Lebih Baik

WhatsApp, platform pesan instan yang populer, terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan privasi. Beberapa...

Hardware
Addlink Luncurkan SSD Gaming M.2 Gen 5 G55 dan G55H

Addlink Technology, salah satu pemain terkemuka dalam inovasi penyimpanan digital baru saja resmi meluncurkan seri...

Handphone
Google Pixel 9a Dikabarkan Akan Diluncurkan Lebih Cepat dari Biasanya

Google biasanya memperkenalkan smartphone seri Pixel A di acara tahunan Google I/O pada bulan Mei....

Electronic & Acc
Patriot Perkenalkan Kartu microSD Viper Gaming Series V30 A2

Produsen ternama modul memori gaming berperforma tinggi, SSD, flash memory, dan periferal gaming, Patriot baru...

Games
Palworld Siap Hadir di Mobile, Berkat Pengembang PUBG

Palworld akan segera hadir di perangkat mobile Anda. Krafton, penerbit PUBG: Battlegrounds, telah menandatangani kesepakatan...

Uncategorized
Threads Akan Menampilkan Jumlah Pengikut Anda di Fediverse

Meta terus meningkatkan kompatibilitas Threads dengan fediverse selama setahun terakhir. Kini, perusahaan mengambil langkah signifikan...

Handphone
Xiaomi Berencana Akan Hapus Fitur Unlocking Bootloader 2025 Mendatang

Produsen smartphone asal China, Xiaomi baru saja dilaporkan tengah mempertimbangkan perubahan signifikan dalam kebijakan perangkat...