SHARE
Cyber Life

Adobe telah memperkenalkan Content Authenticity, sebuah aplikasi web gratis yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan kredensial konten serta label kecerdasan buatan (AI) dengan mudah. Platform ini dirancang untuk membantu kreator dalam kebutuhan atribusi konten mereka, bekerja pada gambar, video, dan file audio, serta terintegrasi dengan semua aplikasi Adobe Creative Cloud. Selain menambahkan atribusi, kreator juga bisa memilih untuk tidak mengizinkan konten mereka digunakan dalam pelatihan model AI. Saat ini, aplikasi ini tersedia sebagai ekstensi Google Chrome dalam versi beta.

Dalam postingan resmi, Adobe menguraikan detail platform baru ini. Meskipun saat ini hanya tersedia sebagai ekstensi Chrome, aplikasi web gratis akan tersedia dalam versi beta publik pada kuartal pertama tahun 2025. Pengguna dapat mendaftar untuk mendapatkan pemberitahuan ketika beta ini bisa diunduh. Adobe menekankan bahwa platform ini ditujukan untuk membantu kreator melindungi karya mereka dari penyalahgunaan atau misrepresentasi, serta membangun ekosistem digital yang lebih dapat dipercaya dan transparan bagi semua orang.

Aplikasi ini bertindak sebagai pusat terpadu untuk semua kebutuhan atribusi kreator. Pengguna dapat menambahkan Content Credentials, yaitu informasi yang ditambahkan pada metadata file untuk menyoroti detail tentang pembuatnya. Aplikasi ini memungkinkan penambahan atribusi pada sejumlah file sekaligus, dan kreator dapat memilih informasi yang ingin dibagikan, seperti nama, situs web, dan akun media sosial.

Adobe menjelaskan bahwa Content Credentials dapat melindungi kreator dari penggunaan yang tidak sah atau atribusi yang salah. Menariknya, meskipun aplikasi web ini mendukung semua aplikasi Adobe Creative Cloud, konten yang tidak dibuat di platform Adobe juga dapat diberikan atribusi. Hal ini berlaku untuk gambar, video, dan file audio.

Selain atribusi, aplikasi web ini juga memungkinkan pengguna menandai apakah mereka tidak ingin kontennya digunakan atau dilatih oleh model AI. Adobe menyoroti bahwa mereka hanya melatih Adobe Firefly dengan konten yang tersedia secara publik atau memiliki izin untuk digunakan. Namun, penambahan label AI ini juga melindungi kreator dari model AI lain di pasar.

Namun, hal ini hanya efektif jika perusahaan lain mematuhi Content Credentials. Saat ini, hanya Spawning, agregator opt-out AI generatif, yang berkomitmen untuk mengakui atribusi ini. Adobe menyatakan sedang berupaya aktif untuk mendorong adopsi preferensi ini secara industri. Sayangnya, ada sisi negatifnya. Jika kreator tidak mengizinkan karya mereka digunakan untuk pelatihan AI, konten tersebut tidak akan memenuhi syarat untuk diunggah ke Adobe Stock.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Cyber Life
Adobe Luncurkan Web App Content Authenticity, Kreator Dapat Menambahkan Label AI pada Konten

Adobe telah memperkenalkan Content Authenticity, sebuah aplikasi web gratis yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan kredensial...

Software
Meta Uji Coba Fitur Baru untuk Posting Instagram Reels Langsung di Threads

Threads, yang diluncurkan setahun lalu sebagai pesaing langsung Meta terhadap platform micro-blogging Elon Musk, X,...

Games
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Handphone
Realme GT 7 Series Dilaporkan Bakal Usung Baterai Jumbo

Pabrikan asal China, Realme diketahui tengah mempersiapkan smartphone terbarunya di China, Realme GT Series. Smartphone...

Electronic & Acc
Fujifilm Perkenalkan X-M5, Mirrorless Pengganti Smartphone

Fujifilm baru saja resmi memperkenalkan kamera APS-C terbarunya, X-M5. Sebagai penerus dari X-T30 II yang...

Hardware
Minisforum Luncurkan EliteMini AI370: Revolusi Mini PC dengan Kinerja AI

Minisforum baru saja resmi merilis EliteMini AI370, mini PC yang menjanjikan kinerja luar biasa dalam...

Software
Snapchat Umumkan Uji Coba Iklan Bersponsor di Chats dan Promoted Places di Snap Map

Dalam sebuah blog, Snapchat merinci iklan-iklan baru yang akan hadir di aplikasinya. Iklan ini akan...

Cyber Life
Google Dikabarkan Kembangkan Fitur Edit Gambar Langsung untuk Gemini

Google dikabarkan sedang meningkatkan kemampuan generasi gambar pada chatbot Gemini. Menurut laporan terbaru, raksasa teknologi...

Software
Akhirnya Pengguna Apple, Kini Bisa Ganti Email Utama ID Apple dengan Mudah

Para pengguna Apple kini dapat bernafas lega. Penantian panjang mereka akhirnya terjawab. Update terbaru iOS...