SHARE
Software

Microsoft baru saja mengumumkan update terbaru untuk Windows Photos bagi anggota Windows Insider Program di kanal Canary dan Dev. Update tersebut membawa beberapa tool editing terbaru dan peningkatan yang akan membuat pengalaman melihat dan mengedit foto pengguna menjadi lebih menyenangkan dan produktif.

Salah satu fitur baru adalah kemampuan untuk memburamkan latar belakang foto pengguna dengan sekali klik. Aplikasi tersebut akan secara otomatis mendeteksi subjek dan latar belakang foto, lalu mengaplikasikan efek blur untuk menciptakan portrait yang terlihat profesional. pengguna juga dapat mengatur tingkat blur dan memilih area yang berbeda untuk diburamkan secara manual.

Fitur lainnya adalah pencarian konten untuk foto yang disimpan di OneDrive. Kini pengguna dapat mencari foto berdasarkan apa yang terdapat di dalamnya, seperti mobil, pantai, ulang tahun, dan lainny. Fitur tersebut akan membantu pengguna untuk menemukan foto lebih cepat dan lebih mudah tanpa harus mencari melalui seluruh koleksi foto. Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna hanya perlu masuk ke OneDrive dan pergi ke bagian pribadi OneDrive dalam aplikasi. Kemudian, pengguna dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas untuk memasukkan kueri.

Update terbaru tersebut juga membawa dukungan pada Motion Photos yang merupakan foto yang menangkap klip video singkat bersama dengan gambar diam. Kini pengguna dapat dapat melihat dan mengedit Motion Photos yang diambil dengan smartphone Samsung dan Google dalam aplikasi Windows Photos. Selain itu pengguna juga dapat menggunakan pencarian lokasi untuk menemukan foto berdasarkan tempat di mana mereka diambil. Fitur ini berfungsi untuk semua foto dalam koleksi pengguna, termasuk yang disimpan di OneDrive dan Apple iCloud.

Selain fitur-fitur baru tersebut, update terbaru tersebut juga memperbaiki beberapa masalah dan meningkatkan beberapa aspek aplikasi:

– Windows Photos menggunakan algoritma peningkatan yang lebih baik untuk mencegah gambar terlihat berpixelasi saat memperbesar foto.

– Windows Photos kini mendukung gestur sentuhan untuk mode tampilan slide. Pengguna dapat menggeser ke kiri dan kanan untuk menavigasi ke foto berikutnya atau sebelumnya dalam tampilan slideshow.

– Opsi Edit dan Create Video kini lebih mudah diakses di bagian atas tampilan galeri.

– Windows Photos juga tidak lagi memerlukan restart untuk memulai menampilkan foto iCloud. Setelah pengguna  mengaktifkan sinkronisasi foto dalam aplikasi iCloud for Windows, pengguna akan melihat foto yang disimpan di iCloud muncul dalam koleksi.

Untuk mendapatkan pembaruan ini, pengguna perlu memiliki versi aplikasi Photos 2023.11090.13001.0 atau yang lebih tinggi diinstal di PC. Pengguna juga perlu menjadi anggota Program Windows Insiders Dev atau Canary, yang memungkinkan untuk menguji fitur-fitur baru dan memberikan feedback sebelum fitur maupun aplikasi dirilis ke publik.

Aplikasi Windows Photos juga bukan satu-satunya aplikasi yang baru-baru ini mendapat pembaruan. Minggu lalu, Microsoft juga memperbarui Paint dengan fitur baru yang memungkinkan pengguna dengan mudah menghapus latar belakang dari gambar.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Software
Flo Jadi Aplikasi Pelacak Menstruasi Terpopuler di Dunia

Flo, aplikasi pelacak menstruasi, telah meraih popularitas luar biasa dengan menjadi aplikasi paling banyak didownload...

Handphone
Vivo X200, X200 Pro, dan X200 Pro Mini Resmi Diluncurkan dengan Chipset Dimensity 9400 dan Origin OS 5

Vivo baru saja meluncurkan seri Vivo X200 di China. Produsen smartphone asal Tiongkok ini memperkenalkan...

Software
Threads Kini Dapat Menampilkan Status Online Pengguna

Threads sering mendapat kritik karena tidak memprioritaskan konten real-time dalam rekomendasinya. Kini, Meta menambahkan fitur...

Games
Mike Morhaime, Co-founder Blizzard, Garap sebuah Game yaitu Pesta Tabletop RPG

Mike Morhaime, salah satu pendiri dan mantan CEO Blizzard, lewat perusahaan penerbitannya Dreamhaven, baru saja...

Hardware
Steam Deck Hadir di Australia Mulai November

Para gamer di Australia tidak perlu lagi membeli Steam Deck dengan harga tinggi dari reseller...

Cyber Life
Wayback Machine dari Internet Archive Kembali Online Setelah Serangan DDoS Pekan Lalu

Wayback Machine dari Internet Archive kini kembali online dalam mode read-only setelah serangan DDoS pada...

Handphone
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Cyber Life
Google Luncurkan Fitur Baru Layar Screensaver AI Kustom di Perangkat Google TV

Google mulai meluncurkan fitur-fitur baru untuk perangkat Google TV. Salah satu fitur yang paling mencuri...

Software
Setelah iOS, WhatsApp Hadirkan Dukungan Tema Khusus Chat ala Messenger di Android

WhatsApp akhirnya memperkenalkan dukungan tema khusus untuk setiap chat di versi Android. Sebelumnya, fitur tema...