SHARE
Laptop

Perusahaan yang berbasis di Redmond tersebut diperkirakan akan mengungkapkan empat model baru, masing-masing dengan fitur dan harga yang berbeda. Di antaranya adalah Surface Laptop Studio 2 dan Surface Laptop Go 3, yang sebelumnya telah bocor secara online sebelum pengumuman resminya.

Surface Laptop Studio 2 masih mempertahankan desain yang sama dengan pendahulunya. Laptop tersebut tetap mempertahankan desain kanvas dinamis yang khas, yang memungkinkan pengguna melipat layar sentuh 14,4 inci tersebut maupun melepaskannya dari keyboard. Laptop Studio 2 ditargetkan untuk memberikan kinerja yang kuat bagi para profesional kreatif dan gamer, karena dilengkapi dengan prosesor Raptor Lake H-series terbaru dari Intel, yang berbasis arsitektur 10nm dan menawarkan hingga delapan core dan 16 thread. Selain itu Surface Laptop Studio 2 juga dapat dikonfigurasi dengan GPU NVIDIA RTX 40 Series, yang mendukung teknologi ray tracing dan DLSS.

Laptop Studio 2 juga menawarkan kapasitas RAM dan penyimpanan yang besar, dengan hingga 64GB memori DDR5 dan 2TB penyimpanan SSD PCIe⁴[4]. Ia juga menambahkan beberapa port baru, seperti USB-A berukuran penuh dan microSD card reader, bersama dengan port USB-C dan Surface Connect yang sudah ada. Laptop Studio 2 juga mendukung wireless charging untuk perangkat yang kompatibel, seperti Surface Slim Pen 2.

Namun, menurut laporan dari WinFuture, semua fitur tersebut datang dengan harga yang cukup tinggi, Laptop Studio 2 diperkirakan akan dimulai dari €2.249 (US$2.413) untuk model dasar dengan prosesor Intel Core i5-13500H dan GPU Intel Xe. Sementara model tertingginya dengan prosesor Intel Core i7-13800H dan GPU Nvidia RTX 4060 akan memiliki harga €3.199 (US$3.433). Sebagai perbandingan generasi pertama dari laptop tersebut dijual dengan harga US$1599.

Di sisi lain, Surface Laptop Go 3 masih menjadi pilihan yang lebih terjangkau dan portabel untuk pengguna casual dan pelajar. Laptop tersebut masih memiliki desain dan layar yang sama dengan generasi sebelumnya. Laptop tersebut membawa layar sentuh berukuran 12,4 inci dengan resolusi 1536 x 1024 piksel dan berat hanya 1,1 kg. Laptop Go 3 juga dilengkapi dengan fingerprint sensor yang terintegrasi dalam tombol power untuk masuk yang cepat dan aman.

Meski masih memiliki desain yang sama Surface Laptop Go 3 membawa processor Intel Core i5-1235U dari keluarga Alder Lake. CPU tersebut menggunakan arsitektur hybrid yang menggabungkan dua performance core dan delapan core yang efisien untuk multitasking dan daya tahan baterai yang lebih baik. Laptop tersebut juga memiliki peningkatan frekuensi yang lebih tinggi hingga 4.4GHz dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Laptop Go 3 masih memiliki RAM LPDDR4X 8GB dan penyimpanan eMMC 256GB, yang cukup untuk tugas-tugas dasar.

Laptop Go 3 juga akan mengalami kenaikan harga dibandingkan dengan pendahulunya, dengan harga yang dilaporkan sekitar €899 (US$956) untuk model paling dasar. Sebagai perbandingan Laptop Go generasi pertama ditawarkan mulai dari US$599.

Sayangnya untuk saat ini, informasi lebih detail dari kedua laptop tersebut masih belum diungkap. Surface terbaru dari Microsoft tersebut juga diperkirakan akan mulai dikirimkan kepada pelanggan mulai awal Oktober mendatang.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Electronic & Acc
Strava Mempermudah Pengaturan Privasi Data Aktivitas Anda

Aplikasi pelacak olahraga Strava memiliki riwayat digunakan untuk mengintai orang, seperti mengidentifikasi tempat tinggal mereka...

Electronic & Acc
Anker Luncurkan Power Bank Nirkabel Zolo Magnetik: Inovasi Terbaru

Anker, pemimpin dalam aksesori smartphone, baru-baru ini meluncurkan power bank nirkabel magnetik Zolo yang inovatif. ...

Handphone
HMD Global Akhirnya Hentikan Penjualan Smartphone Bermerek Nokia di Eropa

HMD Global, perusahaan Finlandia di balik perangkat seluler dengan nama Nokia, telah memulai transformasi besar-besaran...

Software
Google Lens Perkenalkan Fitur Pencarian Video Revolusioner

Google baru sajaa memperkenalkan fitur pencarian video baru untuk Google Lens, sebuah fitur yang pertama...

Cyber Life
Reddit Luncurkan Fitur Penerjemahan AI di 35 Negara

Meskipun internet menghubungkan dunia, hambatan bahasa seringkali membatasi seberapa banyak situs yang bisa dieksplorasi. Reddit...

Games
Palworld Tiba-Tiba Hadir di PS5

Desas-desus telah lama beredar bahwa Pocketpair berencana membawa Palworld, salah satu game terbesar tahun ini,...

Handphone
Vivo V40 Lite 5G dan V40 Lite 4G Diluncurkan di Indonesia, Hadir dengan Kamera Depan 32 Megapiksel dan Pengisian Cepat 80W

Vivo telah resmi meluncurkan Vivo V40 Lite 5G dan Vivo V40 Lite 4G di Indonesia....

Software
Microsoft Gabungkan Aplikasi Xbox dan Game Pass di iOS dan Android, Hadirkan Fitur Baru di PC dan Konsol

Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menggabungkan fitur dari aplikasi Xbox Game Pass ke dalam aplikasi...

Electronic & Acc
Kacamata Ray-Ban Meta Dapatkan Dukungan Kueri Video Real-Time dan Fitur AI Lainnya

Meta Platforms mengumumkan sejumlah pembaruan penting untuk Kacamata Ray-Ban Meta pada acara Connect yang digelar...