SHARE
Handphone

Menurut data perkiraan terbaru dari TrendForce yang menganalis pasar smartphone, smartphone foldable akan mengalami tren penjualan meningkat di pasar. Laporan tersebut memprediksi bahwa pengapalan dari smartphone foldable akan tumbuh mencapai 18,3 juta unit pada tahun 2023, yang mewakili 1,6% dari pasar ponsel global, menjadi 70 juta unit pada tahun 2027, dan menyumbang 5% dari pasar smartphone.

Menurut data tersebut pertumbuhan pasar smartphone tersebut terjadi karena beberapa faktor, seperti penurunan biaya produksi, ketersediaan lebih luas dari smartphone foldable dari brand asal Tiongkok, dan peningkatan pengalaman pengguna. Seiring dengan penurunan biaya komponen kunci, seperti panel layar dan engsel, smartphone foldable akan menjadi lebih terjangkau dan mudah diakses oleh konsumen. TrendForce juga memperkirakan bahwa harga dari smartphone foldable akan akan turun di bawah $1.000 dalam waktu dekat.

Laporan ini juga mengidentifikasi pemain utama dalam pasar ponsel lipat, dengan Samsung yang masih memimpin pasar. Perusahaan Korea Selatan tersebut diperkirakan akan mengapalkan 12,5 juta ponsel lipat pada tahun 2023, yang menguasai dua pertiga pangsa pasar. Ini merupakan penurunan dari pangsa pasar 82% pada tahun 2022. Namun dengan seiring dengan brand asal Tiongkok seperti Huawei, Oppo, dan Xiaomi yang semakin mendapatkan perhatian. Laporan tersebut mencatat bahwa keunggulan Samsung terletak pada kehadirannya yang sudah lama dan kehadiran globalnya, sedangkan merek-merek Tiongkok sebagian besar masih fokus pada pasar domestik mereka karena pandemi dan tantangan lainnya.

TrendForce juga menyebutkan Apple sebagai pesaing potensial dalam pasar smartphone foldable, namun mereka memperingatkan bahwa perusahaan Cupertino ini tidak mungkin segera meluncurkan iPhone foldable. Laporan tersebut menyatakan bahwa Apple masih menunggu produsen komponen untuk menyelesaikan masalah-masalah kecil, seperti kesejajaran panel dan desain engsel, sebelum ikut dalam kompetisi smartphone foldable.

Data dari TrendForce juga memperkirakan bahwa smartphone foldable siap menjadi kategori produk utama dalam lima tahun mendatang. Smartphone dengan form factor unik tersebut akan menawarkan fungsionalitas dan pengalaman baru bagi penggunanya.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Software
Flo Jadi Aplikasi Pelacak Menstruasi Terpopuler di Dunia

Flo, aplikasi pelacak menstruasi, telah meraih popularitas luar biasa dengan menjadi aplikasi paling banyak didownload...

Handphone
Vivo X200, X200 Pro, dan X200 Pro Mini Resmi Diluncurkan dengan Chipset Dimensity 9400 dan Origin OS 5

Vivo baru saja meluncurkan seri Vivo X200 di China. Produsen smartphone asal Tiongkok ini memperkenalkan...

Software
Threads Kini Dapat Menampilkan Status Online Pengguna

Threads sering mendapat kritik karena tidak memprioritaskan konten real-time dalam rekomendasinya. Kini, Meta menambahkan fitur...

Games
Mike Morhaime, Co-founder Blizzard, Garap sebuah Game yaitu Pesta Tabletop RPG

Mike Morhaime, salah satu pendiri dan mantan CEO Blizzard, lewat perusahaan penerbitannya Dreamhaven, baru saja...

Hardware
Steam Deck Hadir di Australia Mulai November

Para gamer di Australia tidak perlu lagi membeli Steam Deck dengan harga tinggi dari reseller...

Cyber Life
Wayback Machine dari Internet Archive Kembali Online Setelah Serangan DDoS Pekan Lalu

Wayback Machine dari Internet Archive kini kembali online dalam mode read-only setelah serangan DDoS pada...

Handphone
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Cyber Life
Google Luncurkan Fitur Baru Layar Screensaver AI Kustom di Perangkat Google TV

Google mulai meluncurkan fitur-fitur baru untuk perangkat Google TV. Salah satu fitur yang paling mencuri...

Software
Setelah iOS, WhatsApp Hadirkan Dukungan Tema Khusus Chat ala Messenger di Android

WhatsApp akhirnya memperkenalkan dukungan tema khusus untuk setiap chat di versi Android. Sebelumnya, fitur tema...