SHARE
Software

Apple baru saja mengejutkan industri teknologi degan mengumumkan perpanjangan kesepakatan dengan Qualcomm untuk modem 5G di smartphonenya hingga 2026 mendatang dan menunda perilisan chip 5G dari perusahaan tersebut.

Perusahaan asal Cupertino tersebut baru saja menandatangani kesepatan baru untuk menggunakan Snapdragon 5G Modem-RF System untuk produk Apple pada 2024, 2025, dan 2026. Hal tersebut membuat Apple harus bergantung pada teknologi 5G dari Qualcomm setidaknya untuk tiga generasi iPhone dari iPhone 15 hingga iPhone 18.

Kesepakatan terbaru dari Apple tersebut membuat Qualcomm mampu mempertahankan pelanggan utamanya dan mendapatkan sumber pendapatan yang bernilai milyaran dollar. Pada tahun 2022, Apple diperkirakan akan menyumbang sebanyak 21% dari total pendapatan Qualcomm. Kesepakatan tersebut juga memastikan bahwa Apple tidak akan menghadapi sengketa paten dengan Qualcomm terkait teknologi 5G, karena perjanjian lisensi paten global yang sudah ada antara kedua perusahaan, yang ditetapkan pada bulan April 2019, akan tetap berlaku tanpa perubahan.

Hanya saja kesepakatan tersebut membuat kemunduran bagi Apple yang telah diketahui telah mengembangkan modem 5G sejak 2029 ketika mengakuissi bisnis modem smartphone dari Intel seniai 1 milyar dolar AS. Apple sendiri diketahui telah mengembangkan chipset sendiri untuk perangkatnya seperti processor A Series dan M1 untuk Mac. Perusahaan tersebut juga telah menargetkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap supplier eksternal dan meningkatkan kontrol lebih terhadap integrasi hardware dan software.

Namun, mengembangkan modem 5G bukanlah tugas yang mudah, karena membutuhkan rekayasa yang kompleks dan persetujuan regulasi. Chip 5G buatan Apple seharusnya muncul dalam iPhone tahun 2024, tetapi perjanjian baru dengan Qualcomm menunjukkan bahwa Apple mungkin menghadapi beberapa tantangan atau keterlambatan dalam proyek 5G-nya. Sebagai alternatif, Apple mungkin telah memutuskan untuk menggunakan modem 5G dari Qualcomm sebagai rencana cadangan atau solusi sementara hingga chip 5G buatannya siap digunakan.

Apple sendiri masih belum memberikan komentar mengenai alasan perpanjangan perjanjian ini, tetapi perusahaan ini telah menunjukkan komitmennya terhadap visi 5G-nya. Pada bulan Mei, Apple memperbarui perjanjian dengan Broadcom, pemasok chip lainnya, dalam sebuah kesepakatan multi-tahun, multi-miliar dolar yang menjamin pasokan komponen 5G Apple. Kesepakatan tersebut juga mengindikasikan bahwa Apple memiliki rencana besar untuk modem 5G-nya dan mungkin akan bersaing dengan Qualcomm di pasar 5G dalam waktu yang akan datang.

Di sisi lain, Qualcomm telah mengungkapkan keyakinan dalam kepemimpinan dan inovasinya di bidang 5G. Pada MWC 2023 lalu, CEO dan Presiden Qualcomm, Cristiano Amon, mengatakan, “Kami mengharapkan Apple akan membuat modem mereka sendiri pada tahun 2024,” tetapi menambahkan, “Namun jika mereka membutuhkan kami, mereka tahu di mana menemui kami.

Tag
LAINNYA DARI MASTEKNO
Software
Flo Jadi Aplikasi Pelacak Menstruasi Terpopuler di Dunia

Flo, aplikasi pelacak menstruasi, telah meraih popularitas luar biasa dengan menjadi aplikasi paling banyak didownload...

Handphone
Vivo X200, X200 Pro, dan X200 Pro Mini Resmi Diluncurkan dengan Chipset Dimensity 9400 dan Origin OS 5

Vivo baru saja meluncurkan seri Vivo X200 di China. Produsen smartphone asal Tiongkok ini memperkenalkan...

Software
Threads Kini Dapat Menampilkan Status Online Pengguna

Threads sering mendapat kritik karena tidak memprioritaskan konten real-time dalam rekomendasinya. Kini, Meta menambahkan fitur...

Games
Mike Morhaime, Co-founder Blizzard, Garap sebuah Game yaitu Pesta Tabletop RPG

Mike Morhaime, salah satu pendiri dan mantan CEO Blizzard, lewat perusahaan penerbitannya Dreamhaven, baru saja...

Hardware
Steam Deck Hadir di Australia Mulai November

Para gamer di Australia tidak perlu lagi membeli Steam Deck dengan harga tinggi dari reseller...

Cyber Life
Wayback Machine dari Internet Archive Kembali Online Setelah Serangan DDoS Pekan Lalu

Wayback Machine dari Internet Archive kini kembali online dalam mode read-only setelah serangan DDoS pada...

Handphone
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Cyber Life
Google Luncurkan Fitur Baru Layar Screensaver AI Kustom di Perangkat Google TV

Google mulai meluncurkan fitur-fitur baru untuk perangkat Google TV. Salah satu fitur yang paling mencuri...

Software
Setelah iOS, WhatsApp Hadirkan Dukungan Tema Khusus Chat ala Messenger di Android

WhatsApp akhirnya memperkenalkan dukungan tema khusus untuk setiap chat di versi Android. Sebelumnya, fitur tema...