SHARE
Laptop

HP baru saja meluncurkan Omen Transcend 14, laptop gaming 14 inci teringan di dunia, dalam ajang CES 2024. Dalam pencarian tanpa akhir untuk mengurangi berat atau ketebalan laptop, HP berhasil mencuri perhatian dengan prestasi ini tanpa mengorbankan terlalu banyak fitur.

Dengan berat hanya 3.5 pound (1.6 kg), Omen Transcend 14 jauh lebih mirip ukuran dan ringannya dengan ultraportable daripada laptop gaming pada umumnya. Untuk memberikan gambaran, beratnya hanya 0.1 pound lebih berat dari MacBook Pro 14 inci dan 0.15 pound lebih ringan dibandingkan laptop gaming super-portable sejenis ASUS ROG Zepyrys G14. Meskipun tidak sekuat Omen Transcend 16 yang lebih besar, Omen Transcend 14 tetap menawarkan performa optimal berkat dukungan prosesor Intel Core Ultra 7 atau Ultra 9 generasi ke-14, RAM DDR5 hingga 32GB, penyimpanan 2TB, dan GPU RTX 4070.

Meskipun berukuran kecil, laptop ini tetap menyertakan dua port USB-A dan dua port USB-C, ditambah port HDMI 2.1 ukuran penuh di bagian belakang. Untuk kecepatan nirkabel maksimal, Anda juga bisa meng-upgrade ke kartu Wi-Fi 7 dengan Bluetooth 5.4.

Transcend 14 memiliki chip Meteor Lake dengan NPU terdedikasi, meski jangan berharap ada terobosan revolusioner dalam hal kemampuan kecerdasan buatan. Di stasiun demonstrasi HP, Omen dapat menjalankan Cyberpunk 2077 dengan lancar pada resolusi 2K sambil melakukan siaran langsung menggunakan OBS pada resolusi 1080p. Dalam situasi ini, laptop memindahkan efek kamera ke NPU, memberikan peningkatan kinerja kecil karena tugas tersebut biasanya diatasi oleh GPU. Meskipun kecerdasan buatan menjadi pusat perhatian di CES 2024, ini mungkin adalah contoh paling realistis tentang apa yang seharusnya Anda harapkan pada notebook generasi berikutnya.

Layar Transcend 14 memiliki kualitas yang luar biasa dengan panel OLED 2.8K (2,880 x 1,800) dengan tingkat penyegaran 120Hz yang variabel. Mendukung HDR dengan kecerahan puncak 500 nits dan gamut warna luas mencakup 100 persen spektrum DCI-P3. Suara ditangani oleh sepasang speaker DTS:X Ultra, dan setelah akuisisi HP pada 2021, tuning audio Transcend 14 kini ditangani oleh sub-merek in-house-nya, HyperX. Ini hadir dengan bonus tambahan, yakni Transcend 14 dilengkapi dengan penerima nirkabel bawaan untuk headphone Cloud III dari perusahaan tersebut. Jadi, jika Anda sudah memiliki pasangan headphone tersebut atau memutuskan untuk membelinya nanti, Anda tidak perlu mengorbankan salah satu port USB berharga untuk dongle.

Omen Transcend 14 diharapkan akan mulai dijual pada kuartal pertama 2024.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Software
Steam Deck Dapatkan Perekam Game Bawaan

Sementara ada banyak aplikasi dan layanan pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk merekam game...

Cyber Life
Google Menggunakan AI untuk Menambahkan 110 Bahasa Baru ke Translate

Meskipun Google Translate jauh dari sempurna, layanan ini tetap menjadi cara yang membantu untuk mendapatkan...

Games
Dead Rising Kembali dengan Deluxe Remaster Baru

Capcom mengumumkan remaster terbaru dari game penghancur zombie tahun 2006, Dead Rising. Pembaruan baru ini,...

Software
Fitur Baru YouTube Premium Termasuk Picture-in-Picture untuk YouTube Shorts

YouTube baru-baru ini meluncurkan berbagai fitur baru untuk pelanggan Premium, termasuk cara cepat untuk melewati...

Games
Karakter Baru Dead by Daylight, Lara Croft

Behavior Interactive baru saja mengumumkan crossover terbaru untuk Dead by Daylight yang menghadirkan karakter favorit...

Cyber Life
OpenAI Akan Blokir Pengguna dari China yang Mengakses Layanannya

OpenAI berencana untuk memblokir pengguna di China dari menggunakan ChatGPT, meskipun layanan tersebut tidak secara...

Software
Aplikasi ChatGPT dari OpenAI untuk macOS Kini Tersedia untuk Semua Pengguna

OpenAI telah merilis aplikasi desktop chatbot kecerdasan buatan (AI) ChatGPT untuk macOS pada hari Selasa....

Handphone
Moto S50 Neo Diluncurkan dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel dan Chip Snapdragon 6s Gen 3

Moto S50 Neo diluncurkan di China. Smartphone ini diperkenalkan bersamaan dengan seri Moto Razr 50....

Games
Stellar Blade Terjual Lebih dari 1 Juta Kopi, Rencana Versi PC Sedang Ditinjau

Stellar Blade, game aksi-petualangan dari studio debutan Shift Up, dilaporkan telah terjual sebanyak satu juta...