SHARE
Handphone

ASUS selalu menjadi pemimpin di segmen smartphone gaming, namun dengan ROG Phone 8 perusahaan asal Taiwan tersebut menargetkan untuk memberikan sekedar perangkat yang kuat untuk para gamer. ROG Phone 8 tersedia dalam tiga varian yang diantaranya: ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition. 

ROG Phone 8 kini lebih tipis dan ringan dari pendahulunya, dengan ketebalan 8,9 mm dan berat 225 g, dibandingkan dengan 10,3 mm dan 239 g pada ROG Phone 7. Ini membuatnya lebih nyaman untuk dipegang dan digunakan, terutama untuk sesi gaming yang lama. Hanya saja kapasitas baterai smartphone tersebut kali ini sedikit lebih kecil, yaitu 5.500 mAh, turun dari 6.000 mAh pada model sebelumnya. 

Meskipun begitu, ASUS mengklaim bahwa ROG Phone 8 memiliki hardware dan software yang dioptimalkan dan dapat memberikan daya tahan baterai yang hampir sama dengan generasi sebelumnya, dengan hingga 10 jam gaming terus-menerus atau 24 jam pemutaran video. Smartphone tersebut juga mendukung teknologi HyperCharge 65W, yang dapat mengisi baterai penuh dalam hanya 39 menit. Selain itu, seri ROG Phone 8 memperkenalkan pengisian nirkabel untuk pertama kalinya, dengan kompatibilitas Qi 15W. 

ASUS juga memberi peningkatan pada sektor layar. ROG Phone 8 memiliki panel layar LTPO AMOLED berukuran 6.78 inci namun memiliki bezel yang lebih tipis dan screen-to-body-ratio yang lebih tinggi. Layarnya juga memiliki punch hole untuk kamera selfie. Smartphone gaming tersebut memiliki tinggi 163,8 mm dan lebar 76,8 mm, dibandingkan dengan 173,0 mm x 77,0 mm untuk yang lama. Kualitas layarnya juga ditingkatkan, dengan tingkat kecerahan maksimum di 2.500 nit, dukungan HDR10+, dan 1,07 miliar warna. 

Layarnya juga memiliki panel LTPO, yang dapat menyesuaikan refresh rate secara dinamis dari 1Hz hingga 120Hz, tergantung pada konten. Ini membantu menghemat daya baterai dan mengurangi ketegangan mata. Tentu saja, layarnya juga dapat berjalan pada refresh rate tetap 165Hz, yang ideal untuk gaming yang halus dan responsif. Touch sampling rate pada ROG Phone 8  juga meningkat menjadi 480Hz.

ASUS mengklaim bahwa ROG Phone 8 menjadi smartphone gaming pertama yang memiliki sertifikasi IP68, yang membuatnya tahan terhadap debu, kotoran, dan perendaman air hingga 1,5 meter selama 30 menit. ROG Phone 8 mencapai hal tersebut dengan menggunakan metode pendingin yang berbeda, yaitu pendingin konduksi. 

ROG Phone 8 Series ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, yang merupakan prosesor terbaru dan paling canggih untuk ponsel Android. Smartphone tersebut dapat dikonfigurasi dengan RAM LPDDR5X hingga 24GB dan penyimpanan UFS 4.0 hingga 1TB.

ASUS juga memberikan peningkatan pada sektor kamera dengan konfigurasi tiga kamera belakang dengan kamera utama 50MP, kamera ultra-wide 13MP, dan kamera telefoto 32MP. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX890 1/1,56 inci, yang merupakan salah satu sensor terbesar di smartphone mana pun. 

ASUS juga menambahkan beberapa fitur AI untuk meningkatkan pengalaman gaming pada seri ROG Phone 8. Misalnya, pengguna dapat menggunakan AI Grabber untuk secara otomatis memindai teks di layar dan mencari informasi atau panduan yang relevan secara online. Ini dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan teka-teki atau menemukan item tersembunyi dalam game. Pengguna juga dapat menggunakan AI untuk menghasilkan wallpaper baru untuk ROG Phone 8, berdasarkan preferensi dan suasana hati. 

LAINNYA DARI MASTEKNO
Cyber Life
ChatGPT Tambah 50 Juta Pengguna Mingguan dalam Dua Bulan Saja

Tak heran jika para investor berlomba-lomba untuk menyuntikkan dana ke OpenAI. Bersamaan dengan pengumuman bahwa...

Electronic & Acc
Kacamata Pintar Meta Kini Bisa Menemukan Lokasi Parkir Mobil Anda

Meta mulai meluncurkan beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan untuk kacamata pintar Ray-Ban bertenaga AI bagi...

Software
WhatsApp Mulai Perkenalkan 22 Tema Custom Untuk Chat dan Pengaturan Notifikasi Lebih Baik

WhatsApp, platform pesan instan yang populer, terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan privasi. Beberapa...

Hardware
Addlink Luncurkan SSD Gaming M.2 Gen 5 G55 dan G55H

Addlink Technology, salah satu pemain terkemuka dalam inovasi penyimpanan digital baru saja resmi meluncurkan seri...

Handphone
Google Pixel 9a Dikabarkan Akan Diluncurkan Lebih Cepat dari Biasanya

Google biasanya memperkenalkan smartphone seri Pixel A di acara tahunan Google I/O pada bulan Mei....

Electronic & Acc
Patriot Perkenalkan Kartu microSD Viper Gaming Series V30 A2

Produsen ternama modul memori gaming berperforma tinggi, SSD, flash memory, dan periferal gaming, Patriot baru...

Games
Palworld Siap Hadir di Mobile, Berkat Pengembang PUBG

Palworld akan segera hadir di perangkat mobile Anda. Krafton, penerbit PUBG: Battlegrounds, telah menandatangani kesepakatan...

Uncategorized
Threads Akan Menampilkan Jumlah Pengikut Anda di Fediverse

Meta terus meningkatkan kompatibilitas Threads dengan fediverse selama setahun terakhir. Kini, perusahaan mengambil langkah signifikan...

Handphone
Xiaomi Berencana Akan Hapus Fitur Unlocking Bootloader 2025 Mendatang

Produsen smartphone asal China, Xiaomi baru saja dilaporkan tengah mempertimbangkan perubahan signifikan dalam kebijakan perangkat...