SHARE
Software

Dalam upaya mematuhi Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa, Meta telah mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan aplikasi pesan pihak ketiga ke dalam WhatsApp dan Messenger. Integrasi layanan tersebut bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas di antara berbagai layanan pesan yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara mulus di berbagai platform.

DMA, yang mulai berlaku pada 7 Maret 2024, dirancang untuk membuat pasar digital Uni Eropa lebih adil dan lebih kompetitif dengan memberlakukan pembatasan pada ‘gatekeeper’ yang ditunjuk seperti Meta. Salah satu ketentuan utama DMA adalah persyaratan bagi layanan pesan untuk berinteraksi dengan platform yang lebih kecil.

Mulai tahun 2025, Meta berencana memperkenalkan fungsi chat grup untuk integrasi pihak ketiga. Pada tahun 2027, fitur tersebut akan diperluas untuk mencakup fitur panggilan suara dan video. Selain itu, WhatsApp dan Messenger akan menggabungkan fitur pesan yang kaya seperti reaksi pesan, balasan langsung, indikator pengetikan, dan tanda terima baca.

Untuk memfasilitasi perubahan ini, Meta akan menerapkan proses onboarding baru untuk pengguna WhatsApp dan Messenger. Proses ini akan memberikan informasi tentang layanan pesan pihak ketiga dan menawarkan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan integrasi ini. Pengguna akan memiliki pilihan untuk mengatur pesan pihak ketiga ke dalam folder yang ditentukan atau menggabungkannya dengan kotak masuk utama mereka.

Meta menekankan komitmennya untuk menjaga pengalaman pengguna yang aman sambil berkolaborasi dengan layanan pesan pihak ketiga. Perusahaan akan memastikan bahwa obrolan pihak ketiga aman dengan mengharuskan layanan pesan pihak ketiga untuk membangun, menguji, dan meluncurkan teknologi yang diperlukan untuk memberikan pengalaman pengguna yang positif dan aman.

Untuk mencapai interoperabilitas ini, Meta akan menggunakan Signal Protocol, yang merupakan standar saat ini untuk enkripsi end-to-end (E2EE). Penyedia pihak ketiga perlu menggunakan protokol kompatibel yang menawarkan jaminan keamanan yang sama dengan Signal. Pendekatan ini memastikan bahwa pesan tetap rahasia dan aman selama transmisi.

Tahun depan, pengguna akan dapat membentuk grup yang mencakup peserta dari chat pihak ketiga. Pada tahun 2027, Meta berencana memperkenalkan dukungan untuk panggilan video dan suara pihak ketiga yang semakin meningkatkan interoperabilitas layanan pesannya.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Hardware
BIOSTAR Perkenalkan Radeon RX 580 White GPU Putih Dengan Performa 1080p yang Halus

Produsen hardware terkemuka, BIOSTAR telah meluncurkan kartu grafis BIOSTAR Radeon RX 580 White yang baru. ...

Uncategorized
Kreator Flappy Bird Bantah Keterlibatannya Pada Rilis Ulang Game

Kreator original dari Flappy Bird, Dong Nguyen baru saja mengkonfirmasikan bahwa ia tidak terlibat dalam...

Software
Perdana Menteri Australia Mmeperkenalkan Undang-undang Baru, Melarang Anak-anak Menggunakan Media Sosial

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, berencana untuk memperkenalkan undang-undang yang melarang anak-anak di bawah usia...

Games
Game Pass Standard Kini Tersedia di Xbox

Paket langganan Xbox Game Pass Standard kini resmi tersedia. Microsoft mengumumkan perubahan pada rencana langganan...

Software
Bluesky Kini Izinkan Pengguna Unggah Video, Tapi Ada Syaratnya

Mudah terlupakan bahwa ada alternatif jejaring sosial lain selain Threads bagi mereka yang lelah dengan...

Handphone
Tecno Resmi Rilis Phantom V Fold2, Smartphone Lipat Terjangkau di Pasaran

Pabrikan asal China, Tecno baru saja resmi merilis smartphone lipat terbarunya, Phantom V Fold2. Smartphone...

Cyber Life
Hasil Pencarian Google Kini Menampilkan Arsip Halaman Web via Wayback Machine

Hasil pencarian Google sekarang akan menyertakan konteks historis dari tautan, memberikan informasi tentang halaman web...

Software
Google Luncurkan Gemini Live, Mode Obrolan Suara Gratis untuk Semua Pengguna Android

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mode obrolan suara inovatifnya, Gemini Live, kini tersedia secara gratis...

Games
What the Car? Hadir di Steam, dan Masih Menjadi Salah Satu Game Terbaik Tahun Ini

What the Car? adalah perayaan kreativitas murni dalam dunia game, bebas dari belenggu logika naratif....