SHARE
Cyber Life

Gemini Live, fitur percakapan suara dua arah milik Google untuk chatbot kecerdasan buatan (AI), kini mulai diluncurkan ke lebih banyak pengguna. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada acara Google I/O awal tahun ini. Dengan Gemini Live, pengguna dapat berinteraksi secara alami dan lancar tanpa perlu mengetik atau membaca respons, memberikan pengalaman yang lebih hands-free. Fitur ini merupakan bagian dari layanan premium AI Google dan hanya tersedia untuk pelanggan Gemini Advanced.

Google mengumumkan peluncuran lebih luas fitur ini dalam catatan rilis Gemini yang tertanggal 4 September. Dalam postingan tersebut, Google menyatakan, “Dimulai dengan bahasa Inggris, Gemini Live adalah cara baru untuk berinteraksi secara alami dengan Gemini di ponsel Anda [..] Sekarang tersedia di Gemini Advanced.”

Bulan lalu, Google mulai melakukan uji coba publik fitur ini dengan sejumlah kecil pengguna Gemini Advanced. Tampaknya kini fitur tersebut diluncurkan ke basis pengguna yang lebih besar. Dalam catatan rilis, perusahaan tidak menyebutkan apakah fitur Gemini Live akan tersedia untuk semua pengguna yang memenuhi syarat atau masih dibatasi berdasarkan wilayah. Namun, saat ini fitur tersebut hanya tersedia di smartphone dan tablet Android.

Saat diperkenalkan, Google mengungkapkan bahwa fitur ini akan hadir dengan 10 pilihan suara, masing-masing dengan tingkat energi, nada, dan tonalitas yang berbeda. Fitur ini berfungsi bahkan ketika aplikasi Gemini berada di latar belakang atau saat perangkat terkunci. Raksasa teknologi yang berbasis di Mountain View ini mengklaim bahwa pengalaman pengguna Gemini Live akan mirip dengan panggilan telepon biasa.

Untuk menggunakan fitur ini, pelanggan Gemini Advanced hanya perlu membuka aplikasi Gemini di perangkat Android dan mengetuk ikon Live yang ditandai dengan gelombang suara. Pengguna pertama kali harus mengikuti petunjuk yang ditampilkan di layar. Setelah selesai, mereka dapat mulai menggunakan fitur hands-free ini.

Perlu dicatat, fitur ini tidak tersedia di aplikasi web Gemini, Gemini dalam Google Messages, atau tab Gemini di aplikasi Google di iPhone. Fitur ini juga tidak dapat digunakan jika pengguna masuk dengan akun kerja atau sekolah. Pengguna harus mengatur bahasa utama perangkat menjadi bahasa Inggris (Amerika Serikat) sebelum dapat menggunakan fitur ini. Google juga memberikan peringatan bahwa pengguna harus berusia 18 tahun ke atas.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Hardware
BIOSTAR Perkenalkan Radeon RX 580 White GPU Putih Dengan Performa 1080p yang Halus

Produsen hardware terkemuka, BIOSTAR telah meluncurkan kartu grafis BIOSTAR Radeon RX 580 White yang baru. ...

Uncategorized
Kreator Flappy Bird Bantah Keterlibatannya Pada Rilis Ulang Game

Kreator original dari Flappy Bird, Dong Nguyen baru saja mengkonfirmasikan bahwa ia tidak terlibat dalam...

Software
Perdana Menteri Australia Mmeperkenalkan Undang-undang Baru, Melarang Anak-anak Menggunakan Media Sosial

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, berencana untuk memperkenalkan undang-undang yang melarang anak-anak di bawah usia...

Games
Game Pass Standard Kini Tersedia di Xbox

Paket langganan Xbox Game Pass Standard kini resmi tersedia. Microsoft mengumumkan perubahan pada rencana langganan...

Software
Bluesky Kini Izinkan Pengguna Unggah Video, Tapi Ada Syaratnya

Mudah terlupakan bahwa ada alternatif jejaring sosial lain selain Threads bagi mereka yang lelah dengan...

Handphone
Tecno Resmi Rilis Phantom V Fold2, Smartphone Lipat Terjangkau di Pasaran

Pabrikan asal China, Tecno baru saja resmi merilis smartphone lipat terbarunya, Phantom V Fold2. Smartphone...

Cyber Life
Hasil Pencarian Google Kini Menampilkan Arsip Halaman Web via Wayback Machine

Hasil pencarian Google sekarang akan menyertakan konteks historis dari tautan, memberikan informasi tentang halaman web...

Software
Google Luncurkan Gemini Live, Mode Obrolan Suara Gratis untuk Semua Pengguna Android

Google baru-baru ini mengumumkan bahwa mode obrolan suara inovatifnya, Gemini Live, kini tersedia secara gratis...

Games
What the Car? Hadir di Steam, dan Masih Menjadi Salah Satu Game Terbaik Tahun Ini

What the Car? adalah perayaan kreativitas murni dalam dunia game, bebas dari belenggu logika naratif....