SHARE
Handphone

Microsoft baru saja dilaporkan mengharuskan seluruh karyawannya yang berbasis di China untuk menggunakan iPhone. Langkah tersebut merupakan bagian dari Secure Future Initiative (SFI) yang bertujuan memperkuat praktik keamanan siber di seluruh organisasi.

Berdasarkan memo internal yang diperoleh Bloomberg, Microsoft akan mewajibkan stafnya di China untuk menggunakan produk Apple secara eksklusif saat melakukan verifikasi identitas ketika mengakses perangkat kerja, termasuk komputer dan smartphone. Kebijakan tersebut bertujuan untuk menyeragamkan penggunaan aplikasi pengelola kata sandi Microsoft Authenticator dan Identity Pass di antara seluruh karyawan.

Keputusan perusahaan untuk memblokir perangkat Android dari platform perusahaan disebabkan oleh tidak tersedianya layanan seluler Google, termasuk Google Play Strore, di China. Hal tersebut membuat ekosistem aplikasi Apple menjadi satu-satunya pilihan bagi karyawan Microsoft di China untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi yang diperlukan.

Meskipun pengguna Android di dalam perusahaan tidak akan sepenuhnya terputus, mereka tetap dapat menggunakan perangkat mereka untuk keperluan pribadi. Laporan dari Bloomberg juga mengklaim bahwa Microsoft akan menyediakan iPhone 15 gratis bagi mereka.

Keputusan tersebut merupakan respons terhadap serangan siber baru-baru ini dari peretas Rusia dan China. Perusahaan telah menghadapi kritik atas kegagalan keamanannya, termasuk laporan Dewan Peninjau Keamanan Siber AS pada bulan Maret lalu yang menyoroti “serangkaian kesalahan yang dapat dihindari” di Microsoft.

Dewan Peninjau Keamanan AS juga mengungkapkan bahwa peretas mampu mengakses Microsoft Exchange Online individu di 22 organisasi dan mengunduh sekitar 60.000 email dari Departemen Luar Negeri AS.

Upaya Microsoft untuk memperketat praktik keamanannya mengikuti pengumuman perusahaan pada bulan Mei lalu untuk memperluas cakupan SFI dengan memasukkan rekomendasi dari CSRB. Hal ini termasuk melindungi akun dengan otentikasi multifaktor yang tahan terhadap phishing.

Wakil presiden eksekutif Microsoft, Charlie Bell juga menekankan komitmen perusahaan terhadap keamanan dan menyatakan, “Kami menjadikan keamanan sebagai prioritas utama di Microsoft, di atas segalanya di atas semua fitur lainnya.”

LAINNYA DARI MASTEKNO
Electronic & Acc
Strava Mempermudah Pengaturan Privasi Data Aktivitas Anda

Aplikasi pelacak olahraga Strava memiliki riwayat digunakan untuk mengintai orang, seperti mengidentifikasi tempat tinggal mereka...

Electronic & Acc
Anker Luncurkan Power Bank Nirkabel Zolo Magnetik: Inovasi Terbaru

Anker, pemimpin dalam aksesori smartphone, baru-baru ini meluncurkan power bank nirkabel magnetik Zolo yang inovatif. ...

Handphone
HMD Global Akhirnya Hentikan Penjualan Smartphone Bermerek Nokia di Eropa

HMD Global, perusahaan Finlandia di balik perangkat seluler dengan nama Nokia, telah memulai transformasi besar-besaran...

Software
Google Lens Perkenalkan Fitur Pencarian Video Revolusioner

Google baru sajaa memperkenalkan fitur pencarian video baru untuk Google Lens, sebuah fitur yang pertama...

Cyber Life
Reddit Luncurkan Fitur Penerjemahan AI di 35 Negara

Meskipun internet menghubungkan dunia, hambatan bahasa seringkali membatasi seberapa banyak situs yang bisa dieksplorasi. Reddit...

Games
Palworld Tiba-Tiba Hadir di PS5

Desas-desus telah lama beredar bahwa Pocketpair berencana membawa Palworld, salah satu game terbesar tahun ini,...

Handphone
Vivo V40 Lite 5G dan V40 Lite 4G Diluncurkan di Indonesia, Hadir dengan Kamera Depan 32 Megapiksel dan Pengisian Cepat 80W

Vivo telah resmi meluncurkan Vivo V40 Lite 5G dan Vivo V40 Lite 4G di Indonesia....

Software
Microsoft Gabungkan Aplikasi Xbox dan Game Pass di iOS dan Android, Hadirkan Fitur Baru di PC dan Konsol

Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menggabungkan fitur dari aplikasi Xbox Game Pass ke dalam aplikasi...

Electronic & Acc
Kacamata Ray-Ban Meta Dapatkan Dukungan Kueri Video Real-Time dan Fitur AI Lainnya

Meta Platforms mengumumkan sejumlah pembaruan penting untuk Kacamata Ray-Ban Meta pada acara Connect yang digelar...