SHARE
Handphone

Pada event System LSI Tech Day 2023 di San Jose California, Samsung memperkenalkan chipset terbarunya, Exynos 2400.. Exynos 2400 merupakan penerus dari chipset Exynos 2200, yang digunakan pada seri Galaxy S22 yang diluncurkan pada tahun 2022 lalu. Chipset terbaru tersebut diperkirakan akan memulai debutnya pada smartphone flagship terbaru Samsung Galaxy S24 pada tahun depan.

Exynos 2400 memiliki 10 core CPU yang menawarkan peningkatan performa hingga 70% dibandingkan dengan Exynos 2200. Chipset tersebut juga membawa GPU terbaru, Xclipse 940, yang berbasis pada arsitektur RDNA3 terbaru dari AMD dan memiliki enam Workgroup Processor. Samsung mengklaim bahwa Xclipse 940 memberikan kinerja gaming dan raytracing yang superior, memungkinkan grafis dan efek pencahayaan yang lebih realistis dalam game mobile.

Exynos 2400 juga memiliki kemampuan AI yang mengesankan, berkat alat AI baru yang dapat menghasilkan gambar dari teks menggunakan Generative AI. Samsung mendemonstrasikan fitur ini menggunakan papan referensi yang menjalankan berbagai skenario teks-ke-gambar, seperti membuat potret seseorang berdasarkan deskripsi mereka atau menghasilkan pemandangan berdasarkan kata kunci. Samsung mengatakan bahwa fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat konten personal mereka sendiri dan mengekspresikan kreativitas mereka.

Fitur lain yang menarik dari Exynos 2400 adalah kompatibilitasnya dengan teknologi NB-IoT NTN, yang memungkinkan komunikasi satelit untuk smartphone. Samsung bekerja sama dengan Skylo Technologies untuk menghadirkan fitur darurat yang dapat menyediakan layanan pesan darurat dan pelacakan lokasi bahkan di daerah terpencil di mana jaringan seluler tidak tersedia. Samsung juga memberi petunjuk bahwa fitur tersebut mungkin tersedia di seri Galaxy S24.

Samsung juga mengatakan bahwa teknologi dan produk baru tersebut merupakan bagian dari visinya untuk menciptakan era baru AI proaktif, di mana perangkat dapat memahami kebutuhan dan preferensi pengguna dan memberikan solusi personalisasi dan optimalisasi. President and Head of System LSI Business at Samsung Electronics, Yong-In Park, Presiden menyampaikan : 

“Generative AI telah dengan cepat muncul sebagai tren paling signifikan tahun ini, menuntut teknologi dasar yang lebih kuat untuk memproses data dan menghidupkan AI. Kami sedang membuka jalan menuju era baru AI proaktif, memanfaatkan platform Samsung System LSI Humanoid kami, yang menyatukan kemampuan kami di seluruh spektrum semikonduktor logika, dari IP komputasi yang kuat, solusi konektivitas hingga sensor yang meniru lima indera utama manusia.”

Samsung akan mengungkapkan lebih banyak detail tentang Exynos 2400 dan teknologi dan produk baru lainnya dalam waktu dekat.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Games
Mike Morhaime, Co-founder Blizzard, Garap sebuah Game yaitu Pesta Tabletop RPG

Mike Morhaime, salah satu pendiri dan mantan CEO Blizzard, lewat perusahaan penerbitannya Dreamhaven, baru saja...

Hardware
Steam Deck Hadir di Australia Mulai November

Para gamer di Australia tidak perlu lagi membeli Steam Deck dengan harga tinggi dari reseller...

Cyber Life
Wayback Machine dari Internet Archive Kembali Online Setelah Serangan DDoS Pekan Lalu

Wayback Machine dari Internet Archive kini kembali online dalam mode read-only setelah serangan DDoS pada...

Handphone
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Cyber Life
Google Luncurkan Fitur Baru Layar Screensaver AI Kustom di Perangkat Google TV

Google mulai meluncurkan fitur-fitur baru untuk perangkat Google TV. Salah satu fitur yang paling mencuri...

Software
Setelah iOS, WhatsApp Hadirkan Dukungan Tema Khusus Chat ala Messenger di Android

WhatsApp akhirnya memperkenalkan dukungan tema khusus untuk setiap chat di versi Android. Sebelumnya, fitur tema...

Software
Windows 11 24H2 Update Sebabkan Crash pada SSD Western Digital

Update terbaru Windows 11 24H2 baru saja menimbulkan masalah besar bagi pengguna yang menggunakan model...

Games
Bandai Namco Dilaporkan Batalkan Banyak Proyek Game dan PHK

Bandai Namco, salah satu penerbit game terkemuka di industri gaming, baru saja dilaporkan membatalkan banyak...

Cyber Life
Spotify Perluas Fitur Video Musik ke 85 Negara

Platform streaming musik terpopuler, Spotify baru saja mengumumkan perluasan fitur video musiknya ke 85 pasar...