SHARE
Games

Sony Interactive Entertainment baru saja resmi mengumumkan kehadiran salah satu game ekslusivenya di platform PC. Ghost of Tsushima Director’s Cut dikonfirmasi akan rilis di PC pada 16 Mei mendatang di Steam dan Epic Games Store

Versi port dari game tersebut yang dikembangkan secara kolaborasi dengan Nixxes yang baru saja diakuisisi oleh Sony dan Sucker Punch Productions. 

Ghost of Tsushima merupakan game fiksi sejarah yang berlatar belakang abad ke-13, pada saat invasi Mongol pertama ke Jepang. Game tersebut mengikuti kisah Jin Sakai, seorang samurai bangsawan yang harus meninggalkan kode kehormatan untuk menjadi seorang prajurit yang sigap dan kejam untuk menyelamatkan tanah airnya dari penjajah yang kejam. Ghost of Tsushima terinspirasi oleh film klasik Akira Kurosawa, sutradara legendaris bioskop samurai yang menampilkan visual yang memukau, gameplay yang imersif, dan narasi yang kaya.

Ghost of Tsushima pertama kali diluncurkan di PlayStation 4 pada Juli 2020 dan menerima sambutan meriah dari para kritikus dan pemain. Game tersebut dipuji karena eksplorasi dunia terbuka yang menakjubkan, sistem pertarungan yang dinamis, dan karakter yang menarik. Ghost of Tsushima juga menerima beberapa pembaruan dan ekspansi, termasuk mode co-op online gratis bernama Legends yang menambahkan misi, class, dan ability baru, dan versi standalone yang dirilis pada 2021 lalu.

Pada Agustus 2021, Sony merilis Ghost of Tsushima Director’s Cut untuk PlayStaion 4 dan PlayStation 5 yang mencakup game dasar, mode Legends, dan ekspansi cerita baru bernama Iki Island. Ekspansi game tersebut membawa Jin ke pulau tetangga, di mana ia menghadapi musuh baru, The Eagle, seorang dukun Mongol misterius yang mengancam akan melepaskan kekuatan gelap di Tsushima. Ekspansi tersebut juga menambahkan lokasi, musuh, senjata, armor, skill, hewan, dan aktivitas baru.

Versi PC dari Ghost of Tsushima Director’s Cut juga akan memiliki semua konten dari versi PS4 dan PS5, serta beberapa fitur dan peningkatan spesifik PC. 

Online Community Specialist Nixxes, Julian Huijbregts, juga membagikan beberapa detail tentang port PC ini dalam sebuah postingan blog resmi PlayStation.

Menurut Huijbregts, versi PC akan memanfaatkan teknologi game engine Sucker Punch, yang memungkinkan kinerja dan kualitas lebih tinggi pada hardware PC. Versi PC juga akan mendukung berbagai konfigurasi dan preset grafis, serta frame rate yang tidak terkunci, bagi pemain untuk menyesuaikan pengalaman mereka sesuai dengan preferensi dan kemampuan sistem mereka.

Salah satu fitur paling menonjol dari versi PC adalah dukungan untuk monitor ultrawide yang memungkinkan pemain untuk menikmati pemandangan indah dan presentasi sinematik game dengan bidang pandang yang lebih luas. Versi PC akan sepenuhnya dioptimalkan untuk rasio aspek 21:9 dan 32:9, dan bahkan akan mendukung resolusi 48:9 untuk pengaturan tiga monitor.

Ghost of Tsushima Director’s Cut  versi PC juga akan memanfaatkan teknologi terbaru untuk meningkatkan visual dan kinerja game. Huijbregts menyebutkan bahwa versi PC akan mendukung NVIDIA DLSS 3, AMD FSR 3 dan Intel XeSS serta dukungan NVIDIA DLAA dan FSR 3 Native AA yang merupakan dua opsi untuk meningkatkan kualitas gambar.

Selain itu, versi PC akan menawarkan dukungan controller yang luas, termasuk opsi untuk menggunakan kontroller PlayStation DualSense yang akan memberikan feedback haptic dan adaptive trigger untuk gameplay yang lebih imersif dan realistis. Pemain juga dapat menggunakan Steam Input untuk memetakan ulang dan menyesuaikan kontroller pilihan mereka.

Sebelumnya Sucker Punch Productions mengklaim bahwa Ghost of Tsushima juga menjadi salah satu game paling sukses dari generasi PS4 yang terjual lebih dari 9,73 juta kopi per Juli 2022. Versi PC dari Ghost of Tsushima Director’s Cut diharapkan dapat menarik lebih banyak penggemar dan pendatang baru ke game, serta memberikan cara baru bagi pemain lama untuk merasakan petualangan epik game.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Hardware
ONDA Luncurkan Motherboard Mini-ITX AM5 Terjangkau, B650PLUS-ITX-W

Produsen hardware asal China, ONDA baru saja memperkenalkan motherboard Mini-ITX AM5 terbarunya. B650PLUS-ITX-W hadir dengan...

Software
Microsoft Designer Kini Hadirkan Opsi Gambar Landscape dan Portrait

Microsoft baru saja mengumumkan pembaruan besar-besaran untuk software desain grafis berbasis AI-nya, Microsoft Designer. Software...

Software
Aplikasi Kamera Blackmagic Hadir di Smartphone, Samsung Galaxy dan Google Pixel

Blackmagic Camera, aplikasi kamera digital film profesional dan pemrosesan gambar, kini tersedia di smartphone Android....

Handphone
Moto Razr 50 Ultra dengan Chip Snapdragon 8s Gen 3 dan Layar Cover 4 Inci Diluncurkan Bersama Razr 50

Moto Razr 50 dan Moto Razr 50 Ultra diluncurkan di China  sebagai smartphone lipat terbaru...

Cyber Life
Firefox Kini Memungkinkan Penggunaan Chatbot AI di Sidebar

Seperti pembuat browser lainnya, Mozilla berupaya menghadirkan lebih banyak fitur AI ke dalam Firefox. Upaya...

Games
Koleksi Ulang Tahun ke-50 Atari Mendapat Pembaruan Besar dengan Hampir 40 Game Tambahan

Atari adalah pelopor dalam dunia gaming konsol rumah dengan peluncuran Atari 2600, pendahulu NES. Konsol...

Software
Snapchat Membuat Lebih Sulit bagi Orang Asing Menghubungi Remaja

Snapchat kembali memperkuat fitur keamanannya untuk membuat lebih sulit bagi orang asing menghubungi remaja dalam...

Handphone
Qualcomm Akan Beri Solusi Update Lebih Mudah di Semua Perangkat Android

Manufaktur chipset ternama, Qualcomm baru saja menyatakan tengah mempersiapkan proses pembaruan sistem operasi Android agar...

Games
CEO Ubisoft Konfirmasikan Game Remake Dari Assassin’s Creed

Ubisoft baru saja mengkonfirmasikan tengah mengembangkan game remake dari franchise terpopulernya Assassin's Creed. Informasi tersebut...