SHARE
Games

Valve telah mengungkapkan daftar Best of 2023 di Steam, mengungkapkan game mana yang mendominasi penjualan di PC. Game tidak diurutkan berdasarkan ranking, namun dibagi ke beberapa tingkatan grup, Platinum, Gold, Silver, dan Bronze, berdasarkan data yang dikumpulkan dari 1 Januari hingga 15 Desember 2023. Kategori Top 12 dipenuhi dengan game multiplayer gratis dan game dengan peluncuran besar, dengan game Baldur’s Gate 3, Cyberpunk 2077, dan Hogwarts Legacy muncul sebagai game dengan penjualan terbaik.

Game biasa seperti Counter Strike 2, PUBG: Battlegrounds, Apex Legends, Dota 2, dan Destiny 2, juga berada di tingkatan Platinum. Sementara itu di tingkatan Gold terdapat game seperti Resident Evil 4 Remake, Red Dead Redemption 2, dan Elden Ring, yang penjualan terakhirnya dilaporkan mencapai 20 juta salinan di berbagai platform,.

Sebagai tambahan untuk Top-Seller, Steam telah menambahkan beberapa bagian untuk New Releases berdasarkan pendapatan kotor, Most Played, pembelian Early Access, dan masih banyak lagi. Game multiplatform yang telah diterima dengan tidak baik kelihatannya menjadi pusat perhatian, dengan Star Wars Jedi: Survivor dan Payday 3 berada di atas. Seperti yang diperkirakan, game multiplayer memegang jumlah pemain tertinggi (diatas minimal 300,000), meskipun beberapa game singleplayer seperti Goose Goose Duck, dan Hogwarts Legacy berada bersamaan Baldur’s Gate 3, yang pada satu titik, memiliki puncak pemain 800,000 pemain bersamaan di Steam.

2023 juga merupakan tahun yang baik untuk studio mencoba game dalam early access dan mendapatkan masukan. Game Dave the Diver dari Mintrocket merupakan salah satu dari game favorit, bahkan menjadi satu game yang paling banyak dimainkan di Steam Deck.

Saat ini Steam juga sedang melaksanakan Steam Sale, yang memberikan diskon besar untuk game-game baru dan lama. Acara ini akan berlangsung hingga 5 Januari.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Cyber Life
Adobe Luncurkan Web App Content Authenticity, Kreator Dapat Menambahkan Label AI pada Konten

Adobe telah memperkenalkan Content Authenticity, sebuah aplikasi web gratis yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan kredensial...

Software
Meta Uji Coba Fitur Baru untuk Posting Instagram Reels Langsung di Threads

Threads, yang diluncurkan setahun lalu sebagai pesaing langsung Meta terhadap platform micro-blogging Elon Musk, X,...

Games
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Handphone
Realme GT 7 Series Dilaporkan Bakal Usung Baterai Jumbo

Pabrikan asal China, Realme diketahui tengah mempersiapkan smartphone terbarunya di China, Realme GT Series. Smartphone...

Electronic & Acc
Fujifilm Perkenalkan X-M5, Mirrorless Pengganti Smartphone

Fujifilm baru saja resmi memperkenalkan kamera APS-C terbarunya, X-M5. Sebagai penerus dari X-T30 II yang...

Hardware
Minisforum Luncurkan EliteMini AI370: Revolusi Mini PC dengan Kinerja AI

Minisforum baru saja resmi merilis EliteMini AI370, mini PC yang menjanjikan kinerja luar biasa dalam...

Software
Snapchat Umumkan Uji Coba Iklan Bersponsor di Chats dan Promoted Places di Snap Map

Dalam sebuah blog, Snapchat merinci iklan-iklan baru yang akan hadir di aplikasinya. Iklan ini akan...

Cyber Life
Google Dikabarkan Kembangkan Fitur Edit Gambar Langsung untuk Gemini

Google dikabarkan sedang meningkatkan kemampuan generasi gambar pada chatbot Gemini. Menurut laporan terbaru, raksasa teknologi...

Software
Akhirnya Pengguna Apple, Kini Bisa Ganti Email Utama ID Apple dengan Mudah

Para pengguna Apple kini dapat bernafas lega. Penantian panjang mereka akhirnya terjawab. Update terbaru iOS...