SHARE
Hardware

Arsitektur prosesor Meteor Lake dari Intel dijanjikan sebagai yang paling menarik dalam sejarah terkini, tetapi sudah kita ketahui sejak lama bahwa Intel tidak berencana untuk meluncurkan versi untuk motherboard desktop yang dapat dilepas seperti yang biasa Anda temukan dalam PC yang dibuat sendiri atau mini tower rakitan.

Untuk sistem-sistem tersebut, Intel berencana untuk merilis pembaruan kedua berturut-turut dari arsitektur Alder Lake yang sudah ada, yang pertama kali hadir di desktop dalam CPU Core generasi ke-12 tahun 2021.

Dalam sebuah wawancara dengan PCWorld, General Manager Intel Client Computing Group, Michelle Johnston Holthaus mengatakan bahwa chip Meteor Lake akan hadir di desktop. Namun, perusahaan tersebut sedikit mundur beberapa hari kemudian, mengklarifikasi bahwa chip desktop Meteor Lake ini akan melekat pada motherboard, bukan sebagai pengganti dengan kinerja tinggi untuk chip desktop Core i7 dan Core i9 saat ini.

Jenis bifurkasi seperti ini bukanlah hal yang benar-benar tidak biasa, terutama ketika Intel sedang dalam proses beralih ke teknologi manufaktur baru, seperti yang terjadi pada Meteor Lake. Chip untuk desktop high-performance cenderung lebih besar secara fisik dan juga perlu dapat meningkatkan kecepatan clock ke tingkat yang lebih tinggi, dua hal yang lebih sulit dilakukan ketika proses manufaktur baru. Dan Meteor Lake adalah salah satu yang kompleks untuk diproduksi, menggunakan teknologi kemasan Intel Foveros yang baru untuk menggabungkan empat die silikon yang berbeda yang diproduksi dalam tiga proses manufaktur yang berbeda oleh dua perusahaan yang berbeda.

Beberapa CPU Core generasi ke-10 dari Intel untuk laptop dan semua CPU laptop generasi ke-11 beralih ke arsitektur baru dan proses manufaktur 10 nm milik Intel, sementara chip desktop tetap berada pada proses 14 nm yang lebih matang.

Ini juga bukan kali pertama Intel membedakan antara chip desktop yang dapat dilepas dan yang tidak. CPU generasi kelima Intel, yang bernama kode Broadwell, mengalami penundaan selama beberapa bulan karena masalah manufaktur, dan ketika mereka akhirnya hadir, mereka hampir eksklusif untuk laptop. Beberapa chip desktop yang dirilis juga merupakan tipe yang melekat pada motherboard.

Tahun ketiga arsitektur Alder Lake tidak terlalu menarik bagi para penggemar teknologi, terutama karena CPU desktop generasi ke-12 dan ke-13 yang tinggi-end telah menggunakan daya yang cukup besar, dan meningkatkan jumlah core dan/atau kecepatan clock tidak akan membantu masalah tersebut. Tetapi ini mungkin menjadi keuntungan bagi pembeli yang berhati-hati dengan anggaran, yang tampaknya masih dapat menggunakan motherboard seri 600- dan 700-series yang ada dari Intel dan soket LGA 1700 mereka untuk generasi prosesor ketiga berturut-turut setelah pembaruan BIOS. Ini adalah generasi yang lebih lama daripada chipset Intel mana pun dalam waktu yang cukup lama, dan mengambil alih kekuatan tradisional AMD di antara pembeli berbiaya rendah karena platform socket AM4 AMD yang lama secara perlahan menua dan platform socket AM5 yang lebih baru secara perlahan turun harga.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Games
Mike Morhaime, Co-founder Blizzard, Garap sebuah Game yaitu Pesta Tabletop RPG

Mike Morhaime, salah satu pendiri dan mantan CEO Blizzard, lewat perusahaan penerbitannya Dreamhaven, baru saja...

Hardware
Steam Deck Hadir di Australia Mulai November

Para gamer di Australia tidak perlu lagi membeli Steam Deck dengan harga tinggi dari reseller...

Cyber Life
Wayback Machine dari Internet Archive Kembali Online Setelah Serangan DDoS Pekan Lalu

Wayback Machine dari Internet Archive kini kembali online dalam mode read-only setelah serangan DDoS pada...

Handphone
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Cyber Life
Google Luncurkan Fitur Baru Layar Screensaver AI Kustom di Perangkat Google TV

Google mulai meluncurkan fitur-fitur baru untuk perangkat Google TV. Salah satu fitur yang paling mencuri...

Software
Setelah iOS, WhatsApp Hadirkan Dukungan Tema Khusus Chat ala Messenger di Android

WhatsApp akhirnya memperkenalkan dukungan tema khusus untuk setiap chat di versi Android. Sebelumnya, fitur tema...

Software
Windows 11 24H2 Update Sebabkan Crash pada SSD Western Digital

Update terbaru Windows 11 24H2 baru saja menimbulkan masalah besar bagi pengguna yang menggunakan model...

Games
Bandai Namco Dilaporkan Batalkan Banyak Proyek Game dan PHK

Bandai Namco, salah satu penerbit game terkemuka di industri gaming, baru saja dilaporkan membatalkan banyak...

Cyber Life
Spotify Perluas Fitur Video Musik ke 85 Negara

Platform streaming musik terpopuler, Spotify baru saja mengumumkan perluasan fitur video musiknya ke 85 pasar...