SHARE
Laptop

Google memperkenalkan label Chromebook Plus. Perangkat ChromeOS yang menggunakan nama ini memiliki persyaratan hardware minimum dan akan diberikan software eksklusif dan fitur kecerdasan buatan (AI), dengan Google menjanjikan kinerja yang lebih tinggi. Pada tanggal 8 Oktober, delapan laptop baru dengan merek Chromebook Plus akan dirilis di Amerika Utara, dengan harga mulai dari $399.

Dalam sebuah posting blogi, John Maletis, Wakil Presiden Produk, Teknik, dan Pengalaman Pengguna ChromeOS di Google, mengatakan bahwa laptop Chromebook Plus memiliki “kinerja dua kali lipat” dibandingkan dengan Chromebook terlaris dari Juli hingga Desember 2022. Klaim yang agak samar tersebut sebagian besar berasal dari persyaratan hardware minimum Chromebook Plus:

– Prosesor Intel Core i3 generasi ke-12 atau AMD Ryzen 3 seri 7000

– RAM 8GB

– Penyimpanan 128GB

– Layar IPS 1080p

– Webcam resolusi 1080p dengan pengurangan noise temporal

Beberapa Chromebook yang dirilis sebelumnya sudah memenuhi persyaratan minimum ini. Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa pemilik laptop-laptop tersebut “akan ditingkatkan ke pengalaman perangkat lunak Chromebook Plus dalam beberapa minggu mendatang.”

Fitur perangkat lunak yang termasuk dalam Chromebook Plus mencakup Magic Eraser yang ditenagai kecerdasan buatan dari Google Photos dan fitur penyuntingan lainnya, seperti efek HDR yang meningkatkan kecerahan dan kontras, serta kemampuan untuk menambahkan latar belakang kabur pada foto-foto yang sudah ada,” tulis Maletis.

Perangkat ini juga dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan kejernihan gambar dan pencahayaan selama panggilan video, serta mengaburkan latar belakang dan memblokir kebisingan latar belakang (semuanya tanpa memandang aplikasi yang digunakan). Fitur-fitur ini akan tersedia melalui aplikasi Chromebook, demikian yang dikatakan dalam blog Google.

Perangkat Chromebook Plus juga akan mendukung Sinkronisasi Berkas, yang secara otomatis mengunduh berkas Google Workspace ke penyimpanan lokal perangkat sehingga Anda dapat mengaksesnya secara offline. Ini adalah salah satu alasan mengapa perangkat Chromebook Plus memiliki persyaratan penyimpanan 128GB.

Google berencana untuk menambahkan fitur tambahan ke laptop Chromebook Plus melalui pembaruan di masa depan. Laptop-laptop ini akan diluncurkan dengan wallpaper desktop dinamis eksklusif yang berubah empat kali sehari, dan Google berencana untuk menambahkan wallpaper generatif AI, sehingga pengguna dapat memasukkan permintaan seperti “kucing dalam gaya Van Gogh.”

Google juga mengatakan akan memperbarui platform Chromebook Plus dengan latar belakang video panggilan yang dibuat oleh AI generatif dan opsi untuk mengaktifkan asisten menulis yang ditenagai oleh kecerdasan buatan.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Electronic & Acc
Strava Mempermudah Pengaturan Privasi Data Aktivitas Anda

Aplikasi pelacak olahraga Strava memiliki riwayat digunakan untuk mengintai orang, seperti mengidentifikasi tempat tinggal mereka...

Electronic & Acc
Anker Luncurkan Power Bank Nirkabel Zolo Magnetik: Inovasi Terbaru

Anker, pemimpin dalam aksesori smartphone, baru-baru ini meluncurkan power bank nirkabel magnetik Zolo yang inovatif. ...

Handphone
HMD Global Akhirnya Hentikan Penjualan Smartphone Bermerek Nokia di Eropa

HMD Global, perusahaan Finlandia di balik perangkat seluler dengan nama Nokia, telah memulai transformasi besar-besaran...

Software
Google Lens Perkenalkan Fitur Pencarian Video Revolusioner

Google baru sajaa memperkenalkan fitur pencarian video baru untuk Google Lens, sebuah fitur yang pertama...

Cyber Life
Reddit Luncurkan Fitur Penerjemahan AI di 35 Negara

Meskipun internet menghubungkan dunia, hambatan bahasa seringkali membatasi seberapa banyak situs yang bisa dieksplorasi. Reddit...

Games
Palworld Tiba-Tiba Hadir di PS5

Desas-desus telah lama beredar bahwa Pocketpair berencana membawa Palworld, salah satu game terbesar tahun ini,...

Handphone
Vivo V40 Lite 5G dan V40 Lite 4G Diluncurkan di Indonesia, Hadir dengan Kamera Depan 32 Megapiksel dan Pengisian Cepat 80W

Vivo telah resmi meluncurkan Vivo V40 Lite 5G dan Vivo V40 Lite 4G di Indonesia....

Software
Microsoft Gabungkan Aplikasi Xbox dan Game Pass di iOS dan Android, Hadirkan Fitur Baru di PC dan Konsol

Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menggabungkan fitur dari aplikasi Xbox Game Pass ke dalam aplikasi...

Electronic & Acc
Kacamata Ray-Ban Meta Dapatkan Dukungan Kueri Video Real-Time dan Fitur AI Lainnya

Meta Platforms mengumumkan sejumlah pembaruan penting untuk Kacamata Ray-Ban Meta pada acara Connect yang digelar...