SHARE
Software

Setiap bulan Desember, Spotify mengungkapkan semua artis, genre, lagu, dan podcast yang paling sering Anda dengarkan dalam 12 bulan terakhir. Instalasi 2023 dari rangkuman tahunan layanan streaming, Spotify Wrapped, debut hari ini dalam aplikasi Spotify dengan desain baru dan format cerita yang familiar. Untuk pertama kalinya dalam beberapa waktu, Anda juga dapat melihat statistik streaming Anda di desktop melalui web. Seperti biasa, perusahaan memberikan gambaran tentang apa yang paling sering Anda dengarkan selama tahun tersebut dengan beberapa tambahan baru untuk menyegarkan tradisi tahunan.

Spotify telah memberikan daftar artis, genre, lagu, dan podcast teratas Anda untuk waktu yang lama, tetapi tahun ini perusahaan akan memberikan salah satu dari 12 karakter mendengarkan yang paling cocok dengan kebiasaan streaming Anda. Fitur ini disebut Me in 2023 dan karakter-karakter tersebut bervariasi mulai dari Shapeshifter, seseorang yang beralih dari satu artis ke artis lain dengan cepat, hingga Alchemist, seseorang yang lebih cenderung membuat daftar putar sendiri. Alat baru lainnya yang disebut Sound Town mencocokkan Anda dengan sebuah kota berdasarkan pendengaran dan artis teratas Anda. Misalnya, jika Anda banyak mendengarkan Bad Bunny dan Peso Pluma, aplikasi akan mencocokkan Anda dengan Kota Meksiko.

Dalam hal daftar biasa, Spotify memberikan penyegaran agar semuanya menjadi sedikit lebih menarik. Lima artis teratas Anda sekarang juga akan menunjukkan kapan waktu puncak mendengarkan Anda untuk masing-masing artis, dan minggu depan, DJ AI Spotify akan memberikan komentar tentang artis, genre, dan lagu teratas Anda. Spotify juga mengintegrasikan alat Blend-nya dengan Wrapped sehingga Anda dapat dengan mudah melihat sejauh mana kesesuaian Anda dengan teman-teman melalui campuran semua musik yang paling sering Anda dengarkan. Artist Messages juga kembali, dengan lebih dari 40.000 pesan memberi penghargaan kepada pengguna jika mereka menjadi salah satu pendengar teratas Anda.

Tentu saja, Spotify juga menggunakan Wrapped untuk mengungkapkan artis, lagu, album, dan podcast yang paling banyak diputar di platform ini. 2023 benar-benar adalah era Taylor Swift karena dia menduduki peringkat teratas baik di tangga artis global maupun di AS. “Flowers” oleh Miley Cyrus adalah lagu paling populer secara global, sementara “Last Night” oleh Morgan Wallen menduduki peringkat teratas di Amerika Serikat. Un Verano Sin Ti oleh Bad Bunny adalah album yang paling banyak diputar di seluruh dunia, tetapi One Thing At A Time milik Wallen menjadi yang terbesar di AS. Dan dalam pengembangan yang paling tidak mengejutkan, podcast Joe Rogan sekali lagi menjadi yang paling populer baik di tangga global maupun di Amerika Serikat. Ini adalah tahun keempat berturut-turut The Joe Rogan Experience menjadi acara teratas dalam tangga global. Ini adalah statistik yang pasti akan disebutkan oleh pembawa acara yang kontroversial ini karena kontraknya dengan layanan tersebut hampir habis.

LAINNYA DARI MASTEKNO
Games
Mike Morhaime, Co-founder Blizzard, Garap sebuah Game yaitu Pesta Tabletop RPG

Mike Morhaime, salah satu pendiri dan mantan CEO Blizzard, lewat perusahaan penerbitannya Dreamhaven, baru saja...

Hardware
Steam Deck Hadir di Australia Mulai November

Para gamer di Australia tidak perlu lagi membeli Steam Deck dengan harga tinggi dari reseller...

Cyber Life
Wayback Machine dari Internet Archive Kembali Online Setelah Serangan DDoS Pekan Lalu

Wayback Machine dari Internet Archive kini kembali online dalam mode read-only setelah serangan DDoS pada...

Handphone
Tecno Camon 30S dengan Kamera Belakang 50 Megapiksel, Layar AMOLED 6,78 Inci Diluncurkan

Tecno Camon 30S telah resmi diluncurkan sebagai smartphone kelas menengah terbaru dari merek milik Transsion....

Cyber Life
Google Luncurkan Fitur Baru Layar Screensaver AI Kustom di Perangkat Google TV

Google mulai meluncurkan fitur-fitur baru untuk perangkat Google TV. Salah satu fitur yang paling mencuri...

Software
Setelah iOS, WhatsApp Hadirkan Dukungan Tema Khusus Chat ala Messenger di Android

WhatsApp akhirnya memperkenalkan dukungan tema khusus untuk setiap chat di versi Android. Sebelumnya, fitur tema...

Software
Windows 11 24H2 Update Sebabkan Crash pada SSD Western Digital

Update terbaru Windows 11 24H2 baru saja menimbulkan masalah besar bagi pengguna yang menggunakan model...

Games
Bandai Namco Dilaporkan Batalkan Banyak Proyek Game dan PHK

Bandai Namco, salah satu penerbit game terkemuka di industri gaming, baru saja dilaporkan membatalkan banyak...

Cyber Life
Spotify Perluas Fitur Video Musik ke 85 Negara

Platform streaming musik terpopuler, Spotify baru saja mengumumkan perluasan fitur video musiknya ke 85 pasar...